in

Wow, Hingga Saat Ini Sudah 58 Orang Direhabilitasi BNN

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Kasus penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) ditangani BNN (Badan Narkotika Nasional) Kota Lubuklinggau sepanjang tahun 2019 mencapai 58 orang.

Adapun datanya, 5 orang berusia 12-16 tahun, 25 orang berumur 17- 25 tahun ada 15 orang berusia 26-35 serta 21 orang diatas 35 tahun.

Ironisnya, jumlah tersebut meningkat drastis jika dibandingkan tahun 2018 dengan total keseluruhan kasus ditangani BNN Kota Lubuklinggau hanya terjadi 14 kasus. 6 orang berumur 12-16 tahun dan 8 orang berusia 12-16 tahun.

Demikian disampaikan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Lubuklinggau AKBP Himawan Bagus Riyadi melalui Kasi Rehabilitasi Hera Diana saat diwawancara Silampari Media, Rabu (2/10/2019).

Diakui Hera, mayoritas anak-anak yang terlibat penyalahgunaan Narkoba karena keluarga mereka broken home. Ada juga akibat faktor lingkungan, keluarga pemakai dan ajakan teman.

“Mereka ini sebelum direhabilitasi dilakukan assesment di BNN. Dari hasil assesment akan tahu pengguna tingkat pemakai narkoba apakah, dikategorikan pemakai ringan, sedang atau pemakai berat. Apabila tingkat pemakai ringan maka akan ditawarkan rawat jalan sedangkan tingkat pemakaiannya sedang dan berat akan dikategorikan rawat inap,” tuturnya.

Ia melanjutkan untuk rehabilitasi, pasien tidak dikenakan biaya.

“Namun untuk ongkos perjalanan ditanggung pihak pasien dan pihak BNN tidak pernah memaksakan untuk rehap dimana tergantung pasien,” katanya.

Dirinya juga menjelaskan, jika pengguna narkoba ketika direhabilitas belum tentu langsung bisa sembuh total. Menurutnya, itu kembali niat dan keinginan pasien. Karena ada pasien setelah menjadi pecandu tidak kambuh lagi dan ada juga yang sudah rehap mengulang kembali.

“Edukasinya biar tidak kambuh lagi ialah dengan memberikan edukasi bukan saja kepada pengguna tetapi keluarganya harus direhab juga, karena setiap pecandu narkoba otaknya sudah terganggu jadi apabila ada pasien di rehap maka keluarganya harus ikut. Agar tahu cara untuk bersikap kepada seorang yang sudah habis direhab,” tutupnya.

PENULIS : Jofan Saputra
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Bupati Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran

Warga Mengeluh Air PDAM 3 Hari Tidak Mengalir, Ini Penyebabnya