in

WNA Asal Malaysia dan China di MLM Untuk Bekerja

MUSIRAWAS,Silmed.id – Warga Negara Asing (WNA) yang berada di Kabupaten Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan Kota Lubuklinggau, kebanyakan dari Malaysia dan China untuk bekerja. Demikian disampaikan, Plh kepala Kantor Imigrasi kelas II Non TPI Muara Enim di Kabupaten Mura Haryono Susilo ketika dibincangi diruang kerjanya, Selasa (19/11/2019).

Menurutnya, dari hasil evaluasi program pengawasan terhadap ke imingrasian baik warga negara indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA). Dimana, sepanjang 2019 setiap daerah di Indonesia, telah dikunjungi WNA, bahkan kehadiran WNA kebanyakan tujuan bekerja.

“Untuk soal pengawasan WNA, sudah menjadi tugas kita imingrasi melakukan pendataan dan pengawasan. Adapun, untuk perkembangan wilayah kerja baik Kabupaten  Empat Lawang, Mura, Lubuklinggau, Muratara. Itu pasti ada terdata keberadaan WNA. Dan masing-masing merata itu ada di Lubuklinggau dan Kabupaten Muratara yang semuanya selain lengkapi paspor, kita keluar kitas karena mereka sifatnya sementara keperluan bekerja,”terangnya.

Tidak hanya itu, Haryono sapaan akrabnya memastikan dalam setiap WNA berkunjung ataupun menetap tinggal. Terus didata dan diawasi ketat petugas imigrasi bersama peran TNI dan Polri.

“Beberbicara teknis pengawasan WNA
Itu dilakukan seksi itelegent dan pengawasan ke imigrasian. Nah, untuk tiga wilayah itu telah dibentuk timpora  tugasnya bersama TNI dan Polri, pemda melakukan pengawasan yang sesuai aturan dan koordinasi istansi masing-masing,”ungkapnya.

Sedangkan jumlah WNA tentunya detail belum selesai diakumulasi. Hanya, tentunya orang asing itu ada. Dan hampir sebagian besar WNA kdikeluarkan Kitas yang masuk dalam pengawasan kantor muara enim.

“Ketika mereka berkunjung atau menginap di Hotel. Pihak hotel, melaporkan ke kantor  keimigrasian dan kita melalui tim datang mengecek kelapangan,”tutupnya.

PENULIS : Sutrisnak
EDITORc : Dedi Ariyanto

Aneka Olahan Masakan Seafood Tersedia di Seafood Aggraeni

Sidang Perkara Senpi Kades Durian Remuk Dimulai