in

Waspada, 284 Warga Terkena Demam Berdarah

LUBUKLINGGAU,Silmed.id – Selain Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Demam Berdarah Dengue (DBD) juga wajib diwaspadai. Di Bumi Silampari sepanjang Januari hingga Juni 2020, ada 284 warga mengidap DBD.

Rinciannya di Kota Lubuklinggau 188 kasus, dan di Kabupaten Musi Rawas (Mura) yang terdata dari Rumah Sakit DR Sobirin 68 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklinggau Cikwi kepada Silampari Media, pada Jum’at (10/07/2020) mengungkapkan jumlah penderita DBD dari tahun ke tahun sebenarnya sudah menurun.

“Selama 2020, kasus tertinggi DBD ada di Januari ada 36 pasien. Sementara pada bulan-bulan lain, kasusnya bawah 31 pasien,” jelasnya.

Sementara tahun 2019, hanya 140 kasus. Jumlah itu turun jauh dibanding tahun 2018 jumlah penderita DBD sampai 437 orang.

Menurut Cikwi, menurunnya angka penderita DBD berkat penyuluhan dan pencegahan yang telah dilakukan seluruh puskesmas di Lubuklinggau.

Untuk menanggulangi hal itu, pihaknya telah melakukan upaya penyelidikan epidemiologi daerah-daerah yang berpotensi DBD. Selain itu, menggalakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) untuk memutus rantai perkembangan nyamuk Aedes Aegypti.

“Kami juga melakukan fogging untuk membunuh nyamuk serta pemberian Abate, terutama di tempat-tempat yang banyak jentik nyamuk,” jelas Cikwi.

Sementara data dari Rumah Sakit dr Sobirin, Januari dan Februari 2020 ada 68 kasus. Dengan rincian 38 Laki-laki dan 30 Perempuan.

“Dari 68 kasus, 2 meninggal dunia. Dan berdasarkan usia, paling banyak kasus pada usia 15-24 tahun,” Ungkap Sumiyati, selaku Bagian Rekam dan Medis RS Dr Sobirin.

Ia menambahkan, gejalanya berupa muntah, nyeri perut, perubahan suhu tubuh dari demam menjadi dingin atau hipotermia, dan melambatnya denyut jantung. DBD menyebabkan kematian ketika penderitanya mengalami syok karena perdarahan.

Belum ada obat spesifik untuk melawan DBD. Pemberian obat hanya ditujukan untuk mengurangi gejalanya, misalnya demam, nyerinya, serta mencegah komplikasi. Selain itu, penderita DBD dianjurkan untuk banyak istirahat dan cukup minum agar tidak mengalami dehidrasi.

PENULIS : Putri Rianita

Aneka Seblak Enak dan Harga Bersahabat, Hanya di Seblak Kedai Dindim

PAI dan Bahasa Arab di Madrasah Bukan Dihapus Tapi Diperbaharui