Petugas Disdukcapil Musi Rawas jemput bola melakukan perekaman e-KTP kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman, seperti yang dilakukan di Desa Air Beliti, Kecamatan Tuah Negeri baru-baru ini. Foto : istimewa
in

Warga Musi Rawas yang Belum Rekam E-KTP Kurang dari 4 %

MUSI RAWAS, Silmed.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Musi Rawas mengklain perekaman data e-KTP hamper mencapai 100 %. Pasalnya, dari jumlah wajib e-KTP sebanyak 284.914 jiwa, warga yang sudah merekan sudah mencapai 275.779 jiwa.

Plh Kepala Disdukcapil Musi Rawas, Darwin melalui Kabid PIAK, Rahmat Dinata mengatakan jumlah warga di Musi Rawas 402.580 jiwa, yang belum merekam e-KTP sebanyak 9.135 jiwa. Jumlah ini terhitung kecil karena mayoritas warga yang wajib memiliki KTP sudah melakukan perekaman.

“Persentase warga yang belum melakukan perekaman e-KTP kurang dari 4 %. Mayoritas wajib KTP atau 96,79 %,” kata Rahmat Dinata kepada Silampari Media, Jum’at (30/8/2019).

Memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sudah menjadi komitmen Disdukcapil Musi Rawas, khususnya dalam pelayanan e-KTP.

“Kami terus menyisir wilayah dimana yang masyarakatnya belum melakukan perekaman e-KTP. Sampai saat ini masyarakat yang sudah mendapatkan e-KTP pada semester satu berjumlah ini 132.650 jiwa, sedangkan yang sudah perekaman namun belum mendapat KPT sebanyak 2.639 jiwa,” terangnya.

Masyarakat yang telah perekaman namun belum juga mendapat KTP disebabkan kekosongan balko e-KTP. Akan tetapi masyarakat itu tetap diberikan surat keterangan, sebagai pengganti e-KTP untuk sementara waktu.

“Pengadaan blanko e-KTP adalah kewenangan Pemerintah Pusat,”ujarnya.

Kendati blanko kosong, pihaknya tetap melakukan perekaman, baik secara online maupun offline.

“Apabila blanko e-KTP telah tersedia, maka kami langsung mencetak KTP,” tukasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Pemerintah Berharap Panitia Pemilihan BPD Bekerja Sesuai Tahapan

Kelurahan ini Dulunya Dikenal Sebagai Kampung Polda