in

Warga Minta Izin PT PHML Dicabut

MUSIRAWAS, Silmed.id – Minta izin PT Perkebunan Hasil Musi Lestari dicabut, puluhan warga Kecamatan Suka Karya, mengelar aksi unjuk rasa didepan Kantor Bupati Musi Rawas. Rabu (23/10/2019) sekitar pukul 10.30 WIB.

“Kami minta izin PT PHML dicabut atau dievaluasi lagi, karena keberadaan perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan tersebut sudah sangat meresahkan masyarakat,” kata koordinator aksi, Angga kepada Silampari Media.

Menurut Angga, PT PHML diduga kuat sudah mencemari air sungai kungku, padahal air sungai masih dimanfaatkan warga untuk MCK.

“Keberadaan perusahaan perlu dilakukan evaluasi, jika tetap bertahan maka pihak perusahaan mesti memberikan konfensasi kepada warga sekitar, serta membangun sarana air bersih,” kata dia.

Kedatangan warga ini sambung dia, ada surat dari PT PHML bahwa pihak perusahaan sudah mendapat izin untuk membuang limbah ke sungai.

“Korbannya sudah ada, yakni warga mengalami gatal-gatal, kami kecewa dengan sikap Pemkab yang lambat dalam merespon perihal ini, sebab masih menunggu hasil dari laboratorium, padahal sudah ada korbannya,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Fendi mengatakan, aksi yang digelar ini murni dari masyarakat. Aksi dilakukan dikarenakan adanya surat dari PT PHML tentang jawaban pertemuan pada 03 Oktober lalu.

“Perusahaan sudah semena-mena dengan warga sekitar, kami menduga adanya indikasi ‘gomok-gomok’ antara pihak perusahaan dengan pihak DLHD,” pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Kades Bingin Rupit Siap Hibahkan Lahan Untuk Media Center Jurnalis

Dampak Kekeringan, Air Terjun Watervang Sepi Pengunjung