Wisata Danau Rayo di Kecamatan Rupit yang ramai dikunjungi saat libur Idul Adha, Senin (12/8/2019). Hengki Silmed
in

Warga Manfaatkan Libur Idul Adha Kunjungi Lokasi Wisata

MURATARA, Silmed.id – Destinasi wisata Danau Rayo di Desa Karang Anyar, Kecamatan Rupit,
Kabupaten Muratara, ramai didatangi pengunjung pada hari libur Lebaran Idul Adha 1440 H, Senin (12/8/2019).

“Kalau Lebaran hari pertama masih sepi, nah hari ini mulai ramai yang berkunjung,” kata Alex, pengelola wisata Danau Rayo..

Ia mengatakan, Danau Rayo selalu ramai setiap momen liburan, seperti libur Lebaran maupun libur pergantian tahun.

“Libur akhir pekan saja biasanya ramai, apalagi libur Lebaran seperti ini. Puncak ramainya pengunjung juga terjadi diawal tahun, mungkin besok lebih ramai lagi,” ujarnya.

Menurut dia, pada momen-momen tertentu bisa sampai ratusan orang setiap harinya yang berkunjung ke Danau Rayo tersebut, baik wisatawan lokal desa setempat maupun dari desa lain di daerah itu.

Apalagi destinasi wisata yang satu ini selain menyuguhkan keindahan alam yang masih asri, sehingga para wisatawan bisa menikmati kejernihan airnya dengan berkeliling danau menggunakan perahu yang disediakan pengelola.

“Di sini juga wisatawan bisa berenang di air yang jernih, naik perahu keliling danau, terus bagi yang hobi memancing kami sediakan juga lokasi pemancingan yang strategis,” katanya.

Selain Danau Rayo, destinasi wisata unggulan Kabupaten Muratara lainnya yakni Danau Bukit Langkap, Goa Napalicin dan lainnya juga ramai dikunjungi masyarakat, baik warga setempat maupun pemudik yang pulang kampung.

Hasan Basri (50) salah satu pengunjung mengatakan bahwa Danau Rayo ini memiliki daya tarik tersendiri terutama karena cerita rakyat tentang Bujang Kurap yang melegenda dan kaitannya dengan danau tersebut.

“Adanya Danau Rayo ini tidak terlepas dari legenda Bujang Kurap, jadi cerita rakyat itu nampaknya menjadi daya tarik tersendiri,” katanya kepada Silampari Media.

Pesona Danau Rayo kata dia memang bisa menghipnotis siapa saja yang pernah mengunjunginya, sehingga orang-orang akan ketagihan untuk berwisata ke destinasi unggulan di “Bumi Beselang Serundingan” itu.

Selain fasilitas utamanya berupa perahu untuk mengelilingi danau sambil menikmati keindahan alam di sana, pihak pengelola juga menyediakan tempat-tempat menarik untuk berswafoto.

“Selain keliling danau, di sini juga banyak tempat-tempat yang menarik untuk mengabadikan foto, ada lembah cinta, batu pengantin, lingkaran bambu dan lain-lain, pokoknya pas untuk menikmati liburan,”pungkasnya.

PENULIS : Hengki Pransis
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Air Lesing Adakan Lomba Hias Gapura

Lokalisasi Patok Besi Terima 55 Paket Qurban Dari Daarut Tauhid