Jalan Desa Setia Marga, Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Muratara. Foto : Adi Silmed
in

Warga Dambakan Peningkatan Jalan Alternatif

MURATARA, Silmed.id – Warga Desa Setia Marga, Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Muratara, dambakan pembangunan jalan alternatif Karang Dapo-Muara Lakitan. Warga berharap jalan itu menjadi jalur ekonomi yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Muratara.

Wandi warga Desa Setia Marga yang sempat dibincangi, Kamis (26/9/2019) mengatakan, jalur alternatif Muratara-Muara Lakitan diprediksi bakal mejadi jalur Sutra. Pasalnya jalur lintas tengah Sumatera akan terpotong pembangunan jalan tol dari poros tengah melintasi wilayah Prabumulih, Pali, Mura, Lubuklinggau hingga Bengkulu.

“Jalur yang dipakai efektif nantinya jalur lintas Muara Lakitan-Palembang. Nanti banyak orang masuk ke Lubuklinggau dari Palembang lewat sini. Karena sebentar lagi jalan ini dibangun Provinsi,” katanya.

Kondisi itu akan menimbulkan sejumlah efek domino. Seperti peningkatan transaksi ekonomi dan penguatan ekonomi lokal di wilayah mereka. Jika selama ini jalan desa Setia Marga selalu berdebu di musim kemarau dan berkubang lumpur jika musim penghujan, kondisi itu tidak akan terjadi lagi setelah terjadi peningkatan jalan.

“Informasinya tahun ini atau tahun depan jalan ini akan dibangun langsung oleh Gubernur. Sebagian jalan di sini sudah di rigit beton, “bebernya.

Jika selama ini warga Muratara yang hendak menuju wilayah Muara lakitan, Kabupaten Musirawas harus memutar arah ke Kota Lubuklinggau dengan jarak tempuh 6 jam perjalanan. Dengan melintasi jalur Setia Marga-Muara Lakitan, hanya membutuhkan waktu 2 jam perjalanan.

Sementara itu, kepala Desa Setia Marga, Bambang menuturkan mereka sudah mendapatkan informasi mengenai agenda peningkatan akses jalan alternatif Karang Dapo-Muara Lakitan yang melintasi desa mereka.

Informasi itu mereka dapatkan secara langsung dari Gubernur Sumsel saat melakukan kunjungan ke wilayah Karang Dapo.

“Sudah ada pengecekan dari Provinsi, rencananya dalam waktu dekat akan dibangun, ” ucapnya.

Pihaknya berharap, dengan dibangunnya akses jalan itu. Setidaknya dapat ikut meningkatkan mobilitas serta transaksi ekonomi masyarakat dari daerah produksi ke daerah konsumsi.

“Kalau sekarang kondisi jalannya sudah dikoral ada juga dirigit beton dari Pemda. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa lansung di aspal,”tutupnya.

PENULIS : Adi Hidayat
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Warga Geger Melihat Sedan Terbakar

Syarat CPNS Warga Minta Prioritaskan Putra Daerah