in

Usulkan Penyediaan Tempat Khusus Isolasi Mandiri Covid-19

MUSIRAWAS,Silmed.id – Luasnya wilayah Kabupaten Musi Rawas dan berbatasan dengan daerah zona merah, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Pemkab Mura) disarankan menyediakan tempat khusus isolasi disetiap desa dan kecamatan.

“Wilayah Kabupaten Musi Rawas cukup luas dengan 14 kecamatan dan 186 desa serta 13 kelurahan. Saya harap Pemkab Musi Rawas bergerak cepat dalam menyikapi pandemi Covid-19 ini dengan meminimalisir atau memperkecil tingkat terjangkitnya Virus Corona,” kata Tokoh masyarakat Kecamatan Muara Lakitan Yudi Suarsa kepada Silampari Media, Senin (27/04/2020).

Dirinya mengusulkan agar Pemkab Musi Rawas menyediakan tempat isolasi Covid-19 di setiap desa atau kecamatan, bagi pelaku perjalanan dari daerah zona merah. Dimana, hal ini bertujuan agar mencegah kerawanan penularan Covid-19 di desa masing-masing.

“Wilayah kita cukup luas, jika dibuat secara distrik, atau perdesa atau kecamatan maka akan lebih mudah kontrolnya,” paparnya.

Lebih lanjut kandidat Calon Kades Muara Rengas ini menyampaikan, kondisi yang ada saat ini banyak para pelaku perjalanan dari zona merah ketika pulang kampung hanya isolasi mandiri dirumah. Namun, selama diisolasi masih kontak dengan keluarganya dan keluarganya kontak dengan warga lain. Sehingga, ini tidak efektif.

Menurut ia, langkah efektif yang cepat dan sigap dalam menekan pencegahan terutama bagi pelaku perjalanan zona merah dengan mengambil kebijakan isolasi mandiri. Karena tidak semua masyarakat mengindahkan anjuran Pemerintah desa.

“Kalau untuk kebutuhan bagi pelaku perjalanan selama diisolasi bisa dibebankan oleh anggaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) atau anggaran Desa,”bebernya.

Hanya saja, agar isolasi ini berjalan efektif maka harus melibatkan semua sektor seperti Koramil, Polsek, Unsur trapika dan Pemdes yang ada di Kecamatan serta terpenting petugas kesehatan.

“Terkadang pihak keluarga kurang menerima jika Pemdes menganjurkan untuk tidak keluar rumah. Sehingga berpotensi terjadi konflik antar warga,”ceritanya.

Terlepas dari itu Mantan Kepala Desa (Kades) Muara Rengas ini menyakini dengan adanya penyediaan tempat khusus mandiri isolasi pelaku perjalanan bisa dijadikan alternatif untuk memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19.

Bahkan, selama isolasi mereka harus tetap berada di tempat tersebut dan tidak boleh kontak dengan siapapun termasuk keluarganya.

“Pada dasarnya jika isolasi hanya dirumah dan pelaku perjalanan ini tetap kontak dengan keluarganya serta keluarganya keluar rumah dan kontak dengan warga lain tentu percuma. Apalagi, berdasarkan informasi sudah ada warga di Mura ada yang positif dan kalau Pemkab tidak cepat maka bukan tidak mungkin tingkat kerawanan akan meningkat. Tentunya ini menjadi warning serius untuk semuanya,”pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Es Buah Pak Jun, Rasa Enak Tanpa Pemanis Buatan

Perkosa Anak Kandung, Buruh Dikerangkeng Polisi