PATROLI : Unsur Tripika Muara Lakitan sedang melakukan patroli terhadap maraknya penyetruman ikan di Sungai Musi, Minggu (7/7/2019). Foto : Dedi Pauh Silmed
in

Unsur Tripika Patroli Penyetrum Ikan

MUSI RAWAS, Silmed.id – Unsur Tripika (Tiga Pimpinan Kecamatan) Muara Lakitan, melakukan patroli dialiran Sungai Musi, hal itu untuk melaksanakan kegiatan preventif pelarangan penyetruman ikan.

“Malam tadi kami melakukan patroli bersama unsur Tripika Muara Lakitan. Hal itu langkah preventif untuk pencegahan penyetruman ikan. Alhamdulilah kami tidak menemukan adanya kegiatan penyetruman ikan dialiran sungai Musi, jika ditemukan maka akan kami tangkap,” jelas Kapolsek Muara Lakitan, IPTU Romi kepada kepada Silampari Media, Minggu (7/7/2019).

Menurut Romi, bagi yang melakukan penyetruman ikan, melanggar  Undang-Undang Republik Indonesia nomor 31 tahun 2004, pasal 84 ayat 1 jo pasal 85 tentang perikanan dengan ancaman pidana penjara lima tahun dan denda Rp dua miliar rupiah.

“Jangan menangkap ikan dengan cara penyetruman, karena dapat dipidanakan. Selain itu juga membahayakan nyawa bagi penyetrum itu sendiri, sudah banyak korban jiwa oleh setruman ikan,” terang Romi.

Lanjut dia, pihaknya melakukan patroli mengunakan speed boat dinas Polri, dengan cara menyisir sungai Musi. Tindakan ini dilakukan berdasarkan laporan masyarakat yang menyatakan maraknya penyetrum ikan.

“Aksi penyetruman ikan, akan merusak ekosistem di dalam sungai, hal itu dikeluhkan oleh masyarakat. Jadi silahkan menangkap ikan mengunakan peralatan yang lazim seperti jala dan  pancing,” paparnya.

Ditambah dia, dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menyetrum ikan, bila tertangkap maka akan dipidanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Jika ketangkap maka kami kerangkeng, jangan pernah menyetrum ikan disini,” pungkasnya.

PENULIS : Dedi Arianto
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Bulog Borong 1.000 Ton Beras Petani Sumber Harta

Disnakertrans Survey KHL di Pasar Tradisional