Pengecekan pasukan yang dilakukan Kapolres Muratara, AKBP Adhi Witanto bersama Dandim 0406/MLM, Letkol Inf A'an Setiawan.
in

TNI-Polri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Musi 2019

MURATARA, Silmed.id – Dalam rangka pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, TNI-Polri di Kabupaten Muratara melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Musi 2019, di lapangan Kantor Bupati Muratara.

Kapolres Muratara, AKBP Adhi Witanto bertindak sebagai inspektur apel tersebut, dan Dandim 0406/MLM, Letkol Inf M A’an Setiawan

Acara tersebut di hadiri oleh Bupati, Danramil, Kapolsek, Perwakilan pejabat Pemda, Sat Pol-PP, Dishub, Dinkes.

Dalam sambutannya, Kapolress Muratara membacakan amanat Kapolri, Jenderal Pol Idham Aziz, mengatakan bahwa Apel Gelar Pasukan ini diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran yang bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan.

“Soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan, serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020,” katanya saat membacakan amanat Kapolri.

Adhi Witanto melanjutkan, Operasi Lilin tahun 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari mulai Senin, 23 Desember 2019 sampai dengan Rabu, 1 Januari 2020.

“Fokus pengamanan adalah 61.308 obyek di seluruh Indonesia baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api, dan bandara,” paparnya.

Dalam operasi ini melibatkan 191.807 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 121.358 personel Polri, 17.190 personel TNI, serta 55.259 personel yang berasal dari instansi terkait.

“Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 1.792 titik pos pengamanan, 745 titik pos pelayanan, dan 45 titik pos terpadu,” ungkap dia.

Dalam amanat tersebut, Kapolri juga memberikan beberapa penekanan selama Operasi Lilin Musi 2019.

“Pertama, tetap jaga kesehatan serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME. Kedua, pastikan setiap personel hadir sesuai plotting serta paham terhadap tugas dan tanggung jawabnya,” tegasnya.

Ketiga, sambung Kapolda, lakukan deteksi dini dengan memetakan titik-titk kerawanan secara tepat dan optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

“Keempat, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy system. Kelima, mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi,” tutupnya.

Usai membacakan amanat Kapolri selanjutnya Kapolres Muratara dan Dandim 0406 melakukan pengecekan pasukan dan dilanjutkan dengan penyematan pita Operasi Lilin Musi 2019 kepada petugas.

Rakor lintas sektoral Operasi Lilin Musi 2019.

Sekitar pukul 09.00 WIB dilanjutkan Rakor (Rapat Koordinasi) Lintas Sektoral Ops Lilin Musi 2019 dipimpin oleh Kapolres Muratara di Ruang Praja Kantor Bupati Muratara, membahas kesiapan Operasi Lilin Musi 2019 antara lain membahas lokasi pembangunan Pos Yan (Pelayanan) dan Pos Pam (Pengamanan).

Hasil rakor tersebut, akan di dirikan sebanyak 4 pos, diantaranya, 1 Pos Yan akan didirikan di Simpang 4 Karang Dapo, Kelurahan Rupit, Kecamatan Muara Rupit, sedangkan 3 Pos Pam, diantaranya di Kecamatan Karang Jaya, Kecamatan Rawas Ulu dan Desa Karang Anyar.

“Tujuan pendirian pos tersebut, agar terciptanya Kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang natal dan tahun baru,” tutup Kapolres.

PENULIS : Aulia Azan Siddiq

Wartawan MLM Gelar Aksi Simpati Atas Dilantiknya Komjen Firli Bahuri

500 Gram Sabu Diamankan, Dikendalikan dari Lapas