in

Terkenal Kota Alpukat, Pemkot Lubuklinggau Siapkan 50 Hektar Ditanam

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Terkenal sebagai daerah penghasil buah alpukat terbaik di Sumatra Selatan (Sumsel), Kota Lubuklinggau semakin gencar mengembangkan buah ini.

Tahun ini Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau, mewacanakan menambah sentral produksi buah alpukat seluas 50 hektare (Ha) yang tersebar dibeberapa wilayah.

“Untuk lokasinya akan disesuaikan permintaan dari peserta calon lokasi (PCL),” kata Kepala Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau Subandio Amin, Rabu (13/11/2019)

Rencananya 50 hektare kebun alpukat akan dikembangkan di wilayah Barat I, Selatan I dan Utara I. Alasannya karena tiga wilayah tersebut lahannya masih sangat luas.

“Untuk yang ada saat ini wilayah Barat I ada 10 Ha, di wilayah Selatan I juga 10 Ha, kemudian di pekarangan rumah warga di Marga Rahayu, Marga Mulya, Cereme Tabah dan wilayah Karya Bakti,” ujar Subandio.

Subandio menuturkan, sejauh ini produksi alpukat dalam kota sudah terpenuhi, bahkan sudah berlebihan. Rata-rata alpukat Lubuklinggau sekarang banyak di jual ke luar daerah.

“Terutama dijadikan buah tangan pengunjung yang datang ke Lubuklinggau. Mereka (Pengunjung), pasti beli alpukat dengan gula merah untuk buah tangan kepada sanak keluarganya,” ujarnya.

Menurut Subandio, tanaman alpukat sangat menjanjikan. Dari usia tanam sampai berbuah hanya butuh waktu 7 tahun.

Kemudian ketika memasuki usia 7 tahun alpukat berbuah sepanjang waktu.

“Alpukat Lubuklinggau dengan tempat lain sama saja. Karena ada dua jenis yakni alpukat lonjong dan alpukat bulat. Namun dari segi rasa jauh lebih enak alpukat Lubuklinggau,” ungkapnya.

PENULIS : Jofan Saputra
EDITOR   : Dedi Ariyanto

Banyak Restoran dan Hotel Enggan Taat Pajak 10 Persen

Pemkot Lubuklinggau Dukung Event World Cup Bowling