Ilustrasi Kepala Desa
in

Terjerat Hukum, Dua Kades Dipecat

MUSIRAWAS, Silmed.id – Dua kepala desa (Kades) di Kabupaten Musi Rawas, dipecat dari jabatannya karena terlibat tindak pidana. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Musi Rawas Ahmadi Zulkarnain melalui Kabid Pemdes Rian Pratama kepada Silampari Media, Jumat (6/9).

“Dua kades yang diberhentikan karena terlibat tindak pidana, dua desa tersebut kini dipimpin oleh PJ kades, untuk menjalani roda pemerintahan,”kata dia.

Adapun kades yang diberhentikan sambung Rian, yakni Kades Kembang Tanjung Kecamatan BTS Ulu karena terlibat tindak pidana penyalagunaan narkotika, kini sedang proses hukum, selanjutnya Kades Durian Remuk Kecamatan Muara Beliti, terlibat tindak pidana kepemilikan senjata api (Senpi), sekarang sedang proses hukum di Polres Lubuklinggau.

“Kami masih menunggu proses hukumnya hingga berkekuatan hukum tetap, namun keduanya sudah kami berhentikan,”ujarnya.

Lanjut dia, untuk Desa Durian Remuk belum dijabat PJ, karena pihak kecamatan belum mengusulkan dan kemungkinan sedang dalam proses.”Kami masih menunggu usulan dari kecamatan untuk menetapkan Pj kades Durian Remuk,”ungkapnya.

Masih kata Rian, dua kades tersebut sudah diberhentikan namun belum permanen karena proses hukum belum ingkrah, tapi kedua kades tersebut tidak dapat lagi mengelola anggaran desa, sebab sudah diberhentikan.

“Statusnya sudah kami berhentikan, kini satu dari dua desa tersebut sudah dipimpin oleh Pj kades. Namun untuk dua kades tersebut dipastikan dipecat, bila sudah ada kekuatan hukum tetap. Sebab ancaman hukuman untuk dua kades tersebut lebih dari lima tahun,”pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Kurang Informasi, Warga Terlambat Urus Berkas BPD

Ustaz Muhammad Said Siap Bimbing Tahfidz Qur’an