Balon anggota BPD berpoto bersama Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan, saat sebelum dilakukan cek kesehatan jiwa yang diselegarakan oleh ABPEDNAS Sumsel dan RSJ Ernaldi Bahar Palembang, beberapa waktu lalu. Foto Dedi Silmed.
in

Takut Ditolak, Balon BPD Cek Kesehatan Ulang

MUSIRAWAS, Silmed.id – Karena takut dipermasalahkan oleh Panitia Pelaksana ( Panpel) penjaringan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), banyak Bakal Calon (Balon) BPD cek kesehatan ulang di Bengkulu.

“Rencana malam ini kami akan berangkat ke Bengkulu, untuk cek kesehatan jiwa ulang, sebab saat cek kesehatan jiwa oleh dokter Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Ernaldi Bahar, tidak mencantumkan lulus, hal itu takut dipermasalahkan oleh Panpel dan pihak kecamatan,” jelas ZA (38) warga Kecamatan Tuah Negeri, kepada Silampari Media, Rabu (02/10/2019).

Menurut dia, dirinya hendak cek ulang bersama dengan balon BPD lainnya. Didalam surat keterangan kesehatan jiwa tidak mencantumkan lulus dan tidak lulus.

“Kalau sesuai Perbup, saya sudah memenuhi syarat, sebab saya sudah ada keterangan sehat jiwa dan tidak hilang ingatan, namun pihak panitia mempermasalahkan,” ujarnya.

Hal yang sama dikatakan Reliadi warga Sembatu Jaya, dirinya sudah ikut cek kesehatan jiwa yang diselenggarakan ABPEDNAS, namun harus cek ulang sebab panitia menyampaikan dirinya tidak lulus.

“Saya sudah sampaikan, bahwa sesuai Perbub tidak mengharuskan adanya keterangan lulus dan tidak lulus, namun tidak diindahkan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Musi Rawas, Ahmadi Zulkarnain, melalui Kabid Pemdes Rian Pratama mengatakan, jika memang sudah ada keterangan sehat jiwa dari RSJ, maka tidak perlu lagi melakukan cek kesehatan ulang.

“Jika secara fakta memang sehat, kenapa panitia harus mempermasalahkan, jika hasilnya tidak memuaskan, kemungkinan saat mengisi soal, dia sedang kelelahan,” kata Rian.

Terkait kesehatan jiwa, dirinya sudah melakukan konsultasi dengan instansi terkait, jika memang orang tersebut sakit jiwa maka akan diberikan lembaran merah.

“Surat keterangan sehat jiwa hanya administrasi, nantikan berkas diverifikasi, serta ada petugas yang membidangi tentang kesehatan seperti dinas kesehatan,” ucapnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Panitia BPD Verifikasi Berkas Balon Peserta

Golkar Mura Buka Penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati