in

Syarat CPNS Warga Minta Prioritaskan Putra Daerah

MURATARA, Silmed.id – Masyarakat Muratara harus bersiap-siap jika ingin mengikuti rekrutmen penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Badan Kepegawaian Pelatihan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM), Muratara mengkonfirmasi penerimaan CPNS jalur umum akan di buka sekitar akhir 2019 mendatang.

Profesi sebagai PNS saat ini masih menjadi primadona. Antusias masyarakat untuk mengikuti penjaringan CPNS, banyak mendapat sorotan sejumlah pihak. Seperti yang dikatakan Ardi (29) warga Kecamatan Karang Jaya, dia mengatakan, masyarakat sangat antusias menyambut informasi penerimaan CPNS khususnya di wilayah Muratara.

Selaku putra daerah asli Muratara dia mengaku harus ikut berpartisipasi mengikuti seleksi CPNS tersebut.

“Kalau ingin bangun daerah mesti begitu mengabdi untuk pembangunan kerja di tubuh pemerintahan,”katanya.

Dia berharap Pemerintah bisa memprioritaskan putra daerah, karena warga lokal sangat memahami situasi dan kondisi yang terjadi di wilayah mereka ketimbang warga pendatang.

“Kalau bisa ada berlaku syarat khusus seperti yang daftar CPNS di Muratara harus punya KTP Muratara. Supayo banyak warga lokal yang jadi PNS dan membangun daerah mereka sendiri, “pintanya.

Ardi mengatakan selama ini banyak terjadi kecemburuan sosial ditengah masyarakat. Karena mayoritas PNS di wilayah Muratara merupakan warga pendatang bukan masyarakat asli Muratara. Sementara itu Kepala BKP-SDM Muratara, Ralin Jufri melalui Kabid Diklat Dedi mengatakan. Sebelumnya Pemda Muratara mengajukan usulan sekitar 400 formasi.

Pihaknya membenarkan, jika sudah ada informasi penerimaan CPNS yang akan di mulai akhir 2019 mendatang. Namun untuk ketetapan waktu, masih menunggu informasi dari Menpan RB.

“Kita sudah siapkan anggaran dan mengusulkan sekitar 400 formasi. Itu karena Muratara daerah baru dan belum banyak memiliki tenaga PNS, jumlah pegawai saat ini di dominasi oleh TKS,” bebernya.

Terkait keinginan masyarakat mengenai syarat khusus.dia menegaskan pemerintah daerah tidak bisa menetapkan peraturan seperti itu. Karena perekrutan CPNS dibuka secara nasional.

“Kita hanya mengajukan saja yang punya acara itu peemrintah pusat. Muratara bukan daerah otonomi khusus jadi tidak bisa mencantumkan sarat khusus seperti mesti putra daerah, ” tutupnya.

PENULIS : Adi Hidayat
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Warga Dambakan Peningkatan Jalan Alternatif

Babanana Chips, Ikon Baru Oleh-oleh Lubuklinggau