in

Syarat Calon Bupati Independen Minimal 14.868 Dukungan

MURATARA, Silmed.id — Sejauh ini bakal calon bupati (Bacabup) dan bakal calon wakil bupati (Bacawabup) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), tengah berjuang merebut dukungan dari Partai Politik (Parpol) supaya bisa diusung.

Namun bagi kandidat yang tidak dilirik oleh Parpol masih bisa mencalonkan diri, dengan menempuh jalur perseorangan atau independen sesuai dengan persyaratannya.

Menanggapi itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muratara, Agus Maryanto mengatakan, sudah mengeluarkan keputusan KPU Muratara mengenai calon bupati dan wakil bupati jalur independen.

“Untuk pasangan calon yang ingin maju jalur independen harus mendapatkan minimal 14.868 dukungan, sesuai dengan ketentuannya,” kata Agus Maryanto, Rabu (30/10/2019).

Dijelaskanya lagi, dari jumlah tersebut pasangan calon tidak diperbolehkan mengumpulkan dukungan pada 1 atau 2 kecamatan harus sesuai dengan 50 persen jumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Muratara, artinya harus 4 kecamatan.

Agus berharap, jika memang ada pasangan calon bupati dan wakil bupati yang ingin maju jalur independen sebaiknya harus berkonsultasi dulu ke KPU Muratara.

“Jika ada calon yang serius ingin maju jalur perseorangan, hendaknya berkonsultasi ke kita, karena ada blangko B1KWK yang harus berikan untuk mereka mengumpulkan dukungan,” ujarnya.

Dalam blangko B1KWK ini ada formatnya, misal KTP yang memberikan dukungan ditempal dibagian atas, kemudian yang bersangkutan harus mengisi pernyataannya.

PENULIS : Farlin Addian
EDITOR   : Dedi Ariyanto

Boleh Menghukum Anak, Tapi Tidak Dengan Kekerasan

Pemkab Muratara Belum Miliki Kompleks Perkantoran