in

Sungai Senaro Meluap, 12 Rumah dan Satu Ponpes Terendam

MUSIRAWAS,Silmed.id – Akibat tingginya curah hujan serta dangkalnya sungai senaro, berdampak dengan 12 rumah dan satu Pondok Pesantren (Ponpes) terendam banjir.

“Untuk hari ini (kemarin) masuki hari kedua terjadinya banjir tepatnya di Megang Sakti V dan RT 03 Kelurahan Megang Sakti 1 dan kami telah melakukan pengecekan dilapangan,”jelas Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mura, Paisol kepada wartawan, Rabu (22/01/2020).

Di Desa Megang Sakti V banjir terjadi di ponpes Riyadhus sholihin. Dimana, dari pengakuan pengasuhnya yakni Ustad Munir sempat terjadi luapan air di pesantren tersebut, dikarenakan curah hujan yang tinggi serta dangkalnya sungai senaro hingga meluap dan merendam sebagian areal pesantren.

“Untuk luapan air sempat mencapai 50 cm merendam kamar asrama putra dan ruangan dapur selama dua hari dan merusak sebagian peralatan dapur dan peralatan sekolah siswa,”terangnya.

Menurutnya, untuk saat ini kondisi air sudah menyurut namun masih ada yang tergenang dengan ketinggian 10 cm dan dapur sudah dipindahkan di areal depan.

“Untuk asrama juga sudah dipindahkan di ruangan lain kendati proses belajar mengajar tetap berlangsung,”bebernya.

Selain itu, banjir juga terjadi di RT 03 Kelurahan Megang Sakti 1. Dimana, berdasarkan Informasi dari salah satu warga bahwa curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan air dari sungai senaro meluap dan merendam 12 rumah.

“Untuk ketinggian air sempat mencapai 70 cm namun sekarang sudah menyurut dan hanya 20 cm. Bahkan, masyarakat sudah bisa beraktifitas seperti biasa,”paparnya.

Terlepas dari itu, pihaknya menghimbau agar masyarakat dapat waspada terhadap musim penghujan yang berlangsung disamping petugas BPBD juga melakukan pengecekan debit air sungai untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir.

“Pada dasarnya musim penghujan ini harus diwaspadai terutama terjadinya bencana alam,”pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Terlibat Penyalagunaan Narkoba, Dua Oknum Anggota Polisi Ditangkap

Terima Gadai Sepeda Motor, M Badrul Ditangkap