Sejumlah masyarakat Desa Noman gotongroyong membersihkan desa
in

Stop Membuang Sampah Sembarangan

MURATARA, Silmed.id – Upaya Melestarikan Lingkungan, Kepala Desa Batu Gajah, mengkampanyekan Stop Buang Sampah di sungai. Hal tersebut mulai dilakukannya beriringan dengan melaksanakan kegiatan bersih Desa bersama Koramil Rupit, beberapa Waktu lalu.

Dalam kegiatan Bersih Desa, pemerintah dan masyarakat Desa Batu Gajah Baru Bersama anggota Koramil Rupit juga melaksanakan penghijauan dengan menanamkan Pohon di Desa dan pelaksanaan bersih Sungai Rupit yang melintas di Desa Batu Gajah Baru.

Kepala Desa Batu Gajah Baru, Heri mengatakan kegiatan bersih Desa merupakan kegiatan rutin mingguan yang dilaksnakan oleh masyarakat dan pemerintah Desa Batu Gajah.

“Sebenarnya kegiatan bersih desa itu sudah menjadi agenda rutin mingguan, namun kali ini kami ditemani oleh Koramil Rupit, juga sekalian saya kampanye kan Stop Buang Sampah di sungai,” katanya, Minggu (4/8/2019).

Dia mengatakan Pembuangan sampah disungai sudah menjadi kebiasaan dari masyarakat Muratara, juga hal tersebut terjadi di Desa Batu Gajah Baru, namun harus diketahui hal tersebut merupakan tindakan yang tidak baik

“Sudah saatnya kita semua sadar akan pentingnya lingkungan yang sehat dan bersih dengan tidak lagi membuang sampah sembarangan terutama di sungai, mari kita mulai pola tersebut dari diri kita sendiri,” jelasnya.

Dikatakannya, Budaya tidak membuang sampah sembarangan terutama disungai harus kita mulai sejak saat ini, karena akan banyak manfaat yang didapat jika tidak membuang sampah sembarangan

“Kalau lingkungan kita bersih, sudah pastinya Kita akan menikmati hidup sehat, terhindar dari penyakit, juga mengurangi resiko banjir dan banyak lagi manfaatnya,” tambah Heri.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Kabupaten Muratara, Suharto Pati, sangat mengapresiasi atas gebrakan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Batu Gajah Baru.

“Itu tindakan luar biasa, kebersihan lingkungan dan kelestarian alam baik sungai maupun penghijauan tumbuhan bukan hanya tanggung jawab pemerintah Kabupaten saja, namun sudah menjadi tanggung jawab bersama,” katanya.

Dia mengharapkan pemerintah desa lainnya yang berada di kabupaten Muratara juga melaksanakan kegiatan yang sama dengan Peduli terhadap lingkungan.

PENULIS : Hengki Pransis
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Kekeringan, Puluhan Hektar Sawah Terancam Gagal Panen

Pasca Meledak,Kades YKB Minta Seluruh Instalasi Jargas Didesanya Dibongkar