in

Sidang Perkara Senpi Kades Durian Remuk Dimulai

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Pengadilan Negeri Lubuklinggau menggelar sidang perkara terdakwa Kades Durian Remuk, Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Mudi Rawas bernama Surya. Hal ini atas dugaan keemilikan senjata api (senpi) pada Selasa (19/11/2019) sekitar pukul 14.30 WIB.

Dalam persidangan yang dipimpin majelis hakim Syahreza Papelma didampingi Tatap Situngkir dan Yuli, serta dihadiri Jaksa Penuntut Umum (JPU) Agrin Nico Reval.

Sidang perdana pembacaan dakwaan ini, sekaligus memghadirkan saksi-saksi yang menangkap terdakwa.

JPU menghadirkan dua Saksi dari Timsus Polres Lubuklinggau, didalam persidangan saksi mengakui jika pihaknya melakukan penggrebekan terhadap pesta narkoba, lalu didapati Terdakwa Surya kedapatan menyimpan senjata api ilegal laras pendek.

Sementara dalam dakwaan JPU membacakan dakwaan terdakwa, ia Surya didakwa dalam pasal kepemilikan senpira dan terancam tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Darurat RI No.12 Tahun 1951,

Sedangkan mejelis Hakim Syarehza Papelma saat menanyakan terdakwa, apakah benar ia tertangkap karena kepemilikan senpira ilegal.

Dan dijawab terdakwa Surya benar, dan diceritakan Oleh Surya bahwa pada hari penangkapannya tersebut, ia baru saja pulang menghadiri acara kegiatan Dinas Pariwisata di Hotel Dafam Kota Lubuklinggau dan setelah selasai larut malam, terdakwa memutuskan untuk tinggal di rumah temannya.

“Mau pulang ke rumah sudah larut, dan saya memilih untuk numpang istirahat di rumah teman,” ungkap ia.

Lalu lanjutnya, setelah ia tidur ia mengaku ada penggrebekan dan diketahui penggrebekan tersebut merupakan penggrebekan pesta narkoba.

“Saya dibangunkan dan diperiksa di dalam tas saya memang ada senpira,” ungkapnya.

Kades beralasan dipersidangan jika senpira tersebut merupakan bukan senjata miliknya, dan ia mengaku meminjam senjata tersebut dari temannya bernama Ari satu desa dengannya. Ia beralasan meminjam senpira tersebut untuk berjaga-jaga.

Lalu kemudian sidang kemudia. Ditutup dan akan dilanjutkan pada pekan depan dengan agenda pembacaan tuntutan.

Seperti diketahui pada pemberitaan sebelumnya Tim Khusus (Timsus) Polres Lubuklinggau menangkap oknum Kades Durian Remuk, Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas yakni Surya (29), pada Senin (26/8/2019) sekitar pukul 01.00 WIB, di Jalan Bukit Sulap Gg.Harapan II Kelurahan Wirakarya Kecamatan Lubuklinggau Timur II Kota Lubuklinggau.

Oknum Kades Durian Remuk tersebut ditangkap diduga atas kepemilikan senjata api rakitan (Senpira) ilegal laras pendek.

“Tersangka tertangkap tangan menyimpan dan memiliki senjata api rakitan Laras pendek ilegal,”kata Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono kepada wartawan di Mapolres, Kamis (29/8/2019).

Adapun barang bukti yang diamankan sambung Dwi, yakni satu pucuk senpira laras pendek, beserta tiga butir amunisi revolver dan satu butir longsong peluru.

Kronologis penangkapan Sambungnya, petugas mendapatkan informasi dari masyarakat, jika di TKP penangkapan ada pesta narkoba. Setelah mendapatkan informasi tersebut timsus langsung menindak lanjuti.

“Petugas langsung menuju ke TKP dan sesampainya di rumah yang dimaksud benar saja team mendapati ada dua unit kendaraan yang diparkir di dekat rumah yang dimaksud,”ungkap Dwi.

Setelah memastikan benar di dalam rumah tersebut ramai, petugas langsung melakukan penggerebekan ke dalam rumah dan berhasil mengamankan beberapa orang.

Setelah dilakukan penggeledahan team mendapati dua bungkus plastik klip yang berisikan kristal putih yang diduga kristal sabu, juga seperangkat alat hisap Sabu atau bong.

“Selain itu petugas menemukan satu buah tas sandang merk tumi yang didalamnya berisikan satu pucuk senpira Laras pendek lengkap dengan tiga butir amunisinya,”tegasnya.

Saat ditanyakan terang Dwi, tas sandang tersebut diakui milik tersangka Surya.

PENULIS: Jofan Saputra
EDITOR: Aulia Azan Siddiq

WNA Asal Malaysia dan China di MLM Untuk Bekerja

1.087 Pengguna Jalan Yang Melanggar Lalu Lintas