LESU - Amran setelah sidang harus tertunduk lesu, setelah divonis hakim dengan hukuman 13 tahun penjara. Foto : Jofan Silmed
in

Setubuhi Anak Kandung, Pria Ini di Vonis 13 Tahun Penjara

*Anak dan Istri Terdakwa Meminta Keringanan Hukuman

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Akibat menyetubuhi anak kandungnya sendiri, Amran Effendi (34) warga Jalan Bengawan Solo Rt.09 Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, divonis 13 tahun penjara.

Hal ini setelah Ketua majelis, Syahreza didampingi hakim Tatap dan Yuli mengetuk palu amar putusan terhadap terdakwa pada persidangan di Pengadilan Negeri Lubuklinggau, Selasa (15/10/2019).

Syahreza, dalam persidangan mengatakan bahwa terdakwa terbukti bersalah secara sah dan menyakinkan, melakuan tindak pidana pemerkosaan terhadap anak kandungsebagaimana diatur dalam Pasal 81 ayat (1).

“Menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa dengan hukuman penjara selama 13 tahun dengan perintah tetap ditahan. Serta denda Rp 50 Juta, subsidair enam bulan,” katanya dalam persidangan.

Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU), Nanda Hardika saat ditemui setelah persidangan mengatakan atas putusan hakim tersebut pihaknya menerima.

“Kalau tuntutan awal dari pihak kami itu 15 tahun penjara. Tapi ini majelis hakim memutuskan 13 tahun penjara, atas putusan itu kami menerima,” ungkap Nanda.

Selain itu, Nanda menjelaskan bahwa ada hal yang unik selama proses persidangan berlangsung. Ia menyampaikan, hal tersebut dari korban dan istri yang meminta keringanan hukuman terhadap terdakwa.

“Saat dijadikan saksi, anak dan istri terdakwa meminta untuk diringankan hukumannya. Ini menarik sebenarnya, tetapi proses hukum harus tetap berjalan,” ceritanya.

Ia menjelaskan, bahwa alasan korban dan istri meminta keringanan hukuman terhadap terdakwa dikarenakan terdakwa merupakan tulang punggung keluarga.

“Terdakwa ini sehariannya berjualan buah di pasar. Semenjak ditahan, istri merasa berat jika mencari nafkah sendirian. Sedangkan terdakwa memiliki anak 4,” ungkapnya.

Atas putusan tersebut, terdakwa Amran juga menerima. Dirinya pun keluar dari ruang sidang dengan keadaan tertunduk lesu.

PENULIS : Jofan Saputra
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Jaksa Tuntut IM “Pelaku Pembunuhan” Erwin Satu Tahun Penjara. Begini Nasib Pelaku Lainnya

Nikmati Nasi Goreng Spesial di Burza Hotel