in

Sementara Tidak Ada Sholat Jamaah di Masjid Lubuklinggau

LUBUKLINGGAU,Silmed.id – Pemerintah Kota Lubuklinggau dan instansi terkait serta organisasi keagamaan, memutuskan pelaksanaan ibadah di tempat ibadah, sejak Kamis (02/04/2020) ditiadakan untuk sementara, dengan tujuan menghindari penyebaran virus corona.

Hal ini diputuskan dalam rapat koordinasi terbatas, yang dihadiri Kemenag Lubuklinggau, Bagian Kesra, MUI Lubuklinggau, PCNU Lubuklinggau, Pengurus Daerah Muhamadiyah (PDM) Lubuklinggau, LDII Lubuklinggau dan FKUB Kota Lubuklinggau.

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe dalam rapat menjelaskan, meminta pendapat dan menyimpulkan langkah apa yang akan diambil pemkot terkait kegiatan keagamaan.

Terutama terkait kegiatan pengajian atau majelis taklim, pelaksanaan salat jumat dan salat berjamaah di Masjid serta ibadah ditempat ibadah lainya, dan terkait santri di Pondok pesantren.

Dalam rapat, semua sepakat menyerahkan keputusan ke Pemkot Lubuklinggau

“Kami sepakat, jika memang kesepakatan nanti kegiatan keagamaan dianggap perlu untuk dihentikan sementara,” ungkap Syaiful Hadi, Ketua MUI Lubuklinggau.

Ia juga mengatakan, pihaknya akan ikut dengan keputusan dari pemerintah, meskipun sebetulnya pihaknya sangat mendukung fatwa MUI Pusat.

Begitu juga dikatakan Ketua Pengurus Daerah Muhamadiyah (PDM) Lubuklinggau, Hasbi Saidina Ali. Apalagi dijelaskannya, sebelumnya Muhammadiyah, juga sudah melakukan beragai upaya seperti meliburkan siswa-siswinya.

Akhirnya, Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe menyimpulkan setelah mendengar saran dari Kemenag, MUI, DMI,NU, Muhamadiyah dan FKUB, bahwa sementara kegiatan ibadah dilaksanakan di rumah ibadah.

Seperti salat jumat digantikan salat zuhur di rumah, begitu juga salat berjamaah di masjid. Begitu juga dengan ibadah di gereja dan vihara.

Serta, menghentikan sementara kegiatan pengajian maupun majelis taklim dan meliburkan santri-santi di pondok pesantren. 

“Surat edaran keputusan bersama ini, segera dibuat dan ditandatangani bersama, serta berlaku mulai Kamis (02/04/2020),” pungkasnya.

PENULIS : Putri Rianita
EDITOR : Dedi Ariyanto

Yuk Reservasi Paket “Work From Hotel” dari Hotel Dafam Linggau

Listrik Gratis Tiga Bulan, PLN Lubuklinggau dan Musirawas Masih Tunggu Arahan ESDM