in

Segera Gulirkan Pelayanan Izin Usaha Secara Mobile

MUSIRAWAS,Silmed.id – Untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan izin, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Musi Rawas (Mura) merencanakan untuk menggulirkan pelayanan secara mobile.

Kepala DPMPTSP Musi Rawas, Yudi Fachriansyah melalui Sekretaris, Herman mengatakan, tahun 2020 pihaknya merencanakan untuk menggulirkan pelayanan perizinan mobile atau jemput bola di 14 Kecamatan yang ada di Bumi Lan Serasan Sekentenan.

“Bila selama ini pelayanan penerbitan izin dikantor. Namun, mulai tahun depan kami gulirkan penerbitan izin jemput bola langsung,”jelasnya.

Dikatakannya, pelayanan mobile ini diberikan disamping untuk memudahkan masyarakat tidak harus datang kekantor sekaligus sosialisasi dalam memberikan kesadaran tentang pentingnya legalitas izin dalam usahanya.

“Untuk layanan izin usaha yang diberikan yakni usaha mikro atau sub-sub kecil. Sedangkan, kalau izin industri harus melalui proses berjenjang dan ada pengecekan kelapangan,”terangnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan perizinan mobile ini nantinya tidak hanya dari DPMPTSP saja. Melainkan menggandeng beberapa OPD yang terkait menyangkut masalah perizinan seperti Sat Pol PP dan Damkar, DLH, Bagian Hukum dan lain sebagainya.

“Artinya disamping pelayanan perizinan. Kami juga akan melakukan pengecekan terhadap usaha-usaha yang belum mengantongi izin,”bebernya.

Terlepas dari itu, Mantan Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) ini menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan pengurusan izin dalam setiap usahanya. Jangan sampai, legalitas usaha baru dibuat ketika akan melakukan pengajuan pinjaman bank saja.

“Intinya dalam setiap usaha baik mikro kecil, sedang dan industri pengurusan izin menjadi keharusan yang diatur sesuai kewenangan Pemkab Mura,”pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Jelang Tahun Baru, Harga Telur dan Daging Ayam Naik

Hotel Dafam Linggau Rayakan Anniversary ke-2 Tahun