in

Sebanyak 35.738 Pelanggan PLN di Lubuklinggau Dapat Listrik Gratis

LUBUKLINGGAU,Silmed.id – Dalam Perpu nomor 1 Tahun 2020, disebutkan listrik gratis hanya diberikan kepada pelanggan listrik golongan 450 Volt Ampere (VA), sementara pemangkasan biaya sebesar 50 persen diberikan kepada pelanggan listrik golongan subsidi 900 VA.

Artinya, 76.503 pelanggan PLN ULP Lubuklinggau dan Muara Beliti akan mendapat keringanan pembayaran tagihan listik April, Mei dan Juni 2020. Rinciannya, 35.728 pelanggan 450 Volt Ampere (VA) akan menikmati listrik gratis, dan 40.775 pelanggan 900 VA mendapatkan diskon 50% sesuai pemakaian tertinggi tiga bulan sebelumnya.

Manager PT. PLN (Persero) Rayon Lubuklinggau, Mustofa, kepada Silampari Media, pada Sabtu (04/04/2020) mengungkapkan, jika pihaknya sudah menerima juknis terkait kebijakan presiden menggratiskan tarif listrik untuk pelanggan 450 VA dan memangkas tarif listrik sebesar 50 persen untuk pelanggan 900 VA.

Kedepan, yang mendapat kebijakan ini adalah pelanggan bersubsidi, yakni pelanggan 450 VA gratis pemakaian dan pemotongan 50 persen untuk pelanggan 900 VA. Sedangkan pelanggan RM 900 Va (Rumah tangga mampu) tidak mendapat keringan tagihan sebesar 50 persen. Jumlah pelanggan RM 900 VA 56.432.

Kata Mustofa, PLN Lubuklinggau siap menjalankan aturan tersebut, karena PLN adalah milik negara, jika ada kebijakan dari pusat otomatis setiap cabang wajib menjalankannya.

“Sementara untuk pelanggan prabayar, silahkan akses pln.co.id dan buka menu stimulan pandemi Covid-19, masukan Id. Pelanggan R1 450 VA akan mendapat nomor token dengan jumlah dilihat dari tiga bulan tertinggi pemakaian. Pelanggan R1 900 VA, juga sama akan diberi jumlah 50 persen dari pemakaian tertinggi tiga bulan sebelumnya,” jelas Mustofa.

Terpisah, Kementerian ESDM menyatakan kebijakan ini mungkin saja diberlakukan lebih dari waktu yang terlah ditentukan, yakni 3 bulan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, pihaknya akan melakukan pemantauan perkembangan pandemi virus corona di Indonesia maupun internasional.

“Ke depan dan jika perkembangannya secara global maupun nasional masih ada pemberian keringanan, tidak tertutup kemungkinan hal semacam ini akan diperpanjang,” ucapnya dalam video conference, Rabu (01/04/2020).

PT PLN (Persero) telah menyediakan mekanisme pembagian token listrik gratis bagi pelanggan subsidi golongan 450 volt ampere (VA) dan golongan subsidi 900 VA. Token gratis bisa didapat pelanggan melalui situs web atau WhatsApp resmi PLN.

Hanya saja, sampai Jumat (03/04/2020) siang, token gratis masih belum bisa diklaim melalui WhatsApp. Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, hal tersebut bukan diakibatkan kesalahan dari pihaknya. Namun, menurut dia, kesalahan disebabkan oleh pihak WhatsApp.

Ia menjelaskan, saat ini WhatsApp sedang melakukan perbaikan dan pengembangan server untuk mengantisipasi tingginya traffic terhadap kontak yang telah disediakan PLN.

“Untuk nomor WhatsApp memang hari ini (Jum’at, 03/04/2020) mendapatkan laporan sedikit bermasalah, bukan dari pihak PLN-nya, tapi dari pihak WhatsApp yang sedang meng-upgrade servernya, karena memang traffic-nya akan sangat tinggi,” tuturnya dalam video conference, kemarin.

Proses upgrade ini disebut akan memakan waktu beberapa hari. Dengan demikian, Darmawan memproyeksikan klaim token gratis melalui WhatsApp dengan nomor 08122-123-123 baru bisa dilakukan pada Senin 6 April 2020.

“Insya Allah nanti akan bisa berjalan mulai hari Senin, hari ini masih sedang dalam tahap perbaikan. Bukan dari PLN nya, tetapi dari server pihak WhatsApp dengan Facebook,” ujar Darmawan.

Untuk sementara waktu, pelanggan yang berhak mendapatkan token gratis dapat melakukan klaim melalui situs web resmi PLN.

PENULIS : Putri Rianita
EDITOR : Dedi Ariyanto

Warga Lubuklinggau Kembali Disinfeksi Pemukiman

“Terdampak Corona” Mahasiswa Ngeluh Biaya Kuliah