SEPARUH jalan di Kelurahan Muara Kulam, Kecamatan Ulu Rawas amblas akibat longsor. Foto : Hengki Silmed
in

Separuh Badan Jalan Amblas Akibat Longsor

Sejumlah Desa Terancam Terisolasi

MURATARA, Silmed.id – Separuh badan jalan di Kelurahan Muara Kulam, Kecamatan Ulu Rawas amblas akibat longsor, hal ini sangat membahayakan pengguna jalan yang melintas. Penggendara harus ekstra berhati-hati saat melintas di jalan tersebut.

Jalan di Kelurahan Muara Kulam, Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) membahayakan penggendara yang melintas, pasalnya telah terjadi longsor di separuh badan. Pengguna jalan dihimbau agar berhati-hati saat melintasi di jalan tersebut.

Salah seorang penggendara yang melintasi jalan tersebut, Refandi (27) pada hari Rabu (7/8/2019) merasa sasngat bersyukur dirinya melewati jalan yang ada di Kelurahan Muara Kulam pada siang hari, sehingga dapat melihat kondisi jalan tersebut dengan baik.

“Jika melewati jalan di Kelurahan Muara Kulam pada malam hari, mungkin akan keporgok karena selain jalannya sepi, dari kejauhan kondisi jalan yang longsor tidak terlihat,”katanya kepada Silampari Media.

Ia menjelaskan jalan di Kelurahan Muara Kulam merupakan satu-satu jalur transportasi masyarakat setempat, tidak ada jalur alternatif lain. Maka dari itu ia berharap adanya perbaikan dari Pemerintah, sebelum ada korban jiwa. Masyarakat sekitar mungkin sudah mengtahui kondisi jalan tersebut, tapi bagi para pendatang mereka tidak tahu persis dimana saja jalan yang mengalami kerusakan.

“Banyak warga mengunjungi wisata Goa Napal Licin, wisata Batu Hampar yang akan melintasi jalan tersebut, jika tidak diperhatikan dengan benar maka akan terpergok sehingga jatuh ke jurang,”ujarnya.

Senada juga disampaikan, Wahyu (34) disampaikannya, rusaknya jalan tersebut akibat longsor, maklum daerah perbukitan banyak jurang di sekitar jalan menuju Kelurahan Muara Kulam.

“Terjadi longsor sudah lama namun belum ada perbaikan, bahkan semakin hari jalan tersebut semakin menipis akibat longsor. Jika tidak diperbaiki dengan cepat kemungkinan jalan tersebut akan putus,”utaranya.

Apabila jalan itu putus, sambung Wahyu maka dapat dipastikan sejumlah dasa yang ada di Kecamatan Ulu Rawas akan terisolasi. Karena akses antar desa dalam Kecamatan Ulu Rawas tidak dapat dilalui.

Disisi lain, Camata Ulu Rawas Mukhtaridi saat dikonfrimasi belum memberikan tanggapannya dengan kejadian jalan longsor tersebut.

PENULIS: Hengki Pransis
EDITOR: Aulia Azan Siddiq

Mafia Selangit dan Ledies Lubuklinggau, Juara Mandi Aur Futsal Competition

Puluhan Orang Datangi SMPN 1 Lubuklinggau