in

Samsat dan Disdukcapil Temukan Suket Palsu

MUSIRAWAS,Silmed.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Samsat Musi Rawas, menemukan pemalsuan surat keterangan (Suket), sebagai penganti Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Ada petugas Samsat menghubungi kami, untuk diminta mengecek Suket, setelah dilakukan pengecekan melalui
Sistem Informasi Administrasi Kependudukan¬†(SIAK), ternyata dua Suket tersebut palsu,” kata Kabid Kependudukan Darwin kepada Silampari Media, Kamis (5/12/2019).

Lanjut Darwin, kemungkinan dua warga tersebut hendak mengurusi pajak kendaraan. Dua warga yang memalsukan tersebut, yakni warga Muratara dan Musi Rawas.

“Ini warga Muratara, tepatnya Desa Sungai Jauh Kecamatan Rupit, sedangkan kop surat Musi Rawas dan ditanda tangan oleh saya. Kan tidak singkron, warga Muratara tapi Suket Musi Rawas,” jelasnya.

Satu lagi warga Desa Lubuk Tua Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas. Didalam Suket tempat kelahiran Desa Lubuk Tua setelah dicek melalui SIAK, tempat kelahirannya di Purwodadi. Selain itu, elemen data pekerjaan juga tidak singkron, di data base pekerjaannya pegawai swasta, di Suket petani pekebun.

“Inikan temuan Samsat, kami hanya melaporkan ke Inspektorat. Memang yang dipalsukan tanda saya dan stempel, tapi hal ini temuan Samsat,” paparnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Ingin Cantik Alami, Yuk Perawatan di Poliklinik Kecantikan RS AR Bunda

Bus Sekolah dan Kantor Desa Diduga Dibakar OTD