Sejumlah warga sedang mengurus data kependudukan di Disdukcapil Kabupaten Muratara, Selasa (29/10/2019). Foto : Farlin Silmed
in

Sampai Umur 23 Belum Lakukan Perekaman KTP Nama di KK Diblok

MURATARA, Silmed.id – Mungkin masih banyak warga yang belum mengetahui jika dari umur 17 hingga 23 tahun belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik maka namanya akan dinonaktifkan dari Kartu Keluarga (KK).

Pernyataan tersebut disampaikan, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Aan Andrian melalui Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Syukur, saar disambangi Silampari Media, Selasa (29/10/2019).

“Benar kalau tidak melakukan perekaman sampai umur 23 tahun data kependudukannya di KK akan di blok atau di nonaktifkan, tapi kalau dia mendatangi Disdukcapil untuk perekaman membuat KTP el baru kita buka kembali,” kata Syukur.

Syukur mengaku upaya menghindari kejadian tersebut pihaknya selalu jemput bola kepada masyarakat supaya melakukan perekaman ke Kecamatan untuk pemula.

Namun yang menjadi kendala di lapangan saat jemput bola perekaman di Kecamatan banyak warga yang tidak datang padahal pihaknya memberi limit waktu hingga lima hari di satu lokasi perekaman.

“Saat jemput bola ke Kecamatan banyak tidak datang dan kita tanya katanya banyak anak-anak mereka bersekolah di luar dan merantau jadi belum sempat melakukan perekaman,” ujarnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar melakukan perekaman KTP el, karena data kependudukan merupakan identitas diri apalagi saat merantau pasti sangat diperlukan.

PENULIS : Farlin Addian
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Elzatta Tawarkan Diskon 50 Persen

Fokus Pembangunan Drainase, Pemkot Lubuklinggau Siapkan Dana Rp 180 M