Jalan Nangka Lintas RT 08 Kelurahan Batu Urip, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, seringkali menjadi tempat pembuangan sampah oleh penggendara yang melintas. Foto : Jaka Silmed
in

Sampah Dibuang Sembarangan, Warga Risih Pemukiman Kumuh

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Warga Jalan Nangka Lintas RT 08 Kelurahan Batu Urip, Kecamatan Lubuklinggau Utara II merasah risih dengan bau tak sedap yang dikeluarkan dari tumpukan sampah di daerah tersebut.

Menurut keterangan yang disampaikan Handra (50) warga RT 08 Kelurahan Batu Urip, bahwa sampah-sampah yang menumpuk tersebut dibuang seenaknya terutama penggendara yang melintas.

“Sampah yang dibuang itu merupakan sampah rumah tangga dan yang membuangnya bukanlah warga sini, akan tetapi masyarakat luar wilayah,” katanya kepada Silampari Media, Senin (5/8/2019).

Dilanjutkan Handra, bahkan sebelumnya sudah dua kali warga sekitar melakukan gotong royong dipimpin oleh Muhammad Hasim, Ketua RT 08 dan pihak Kelurahan juga ikut turun tangan membersihkan sampah tersebut. Kemudian membuat spanduk berisi peringatan juga pernah dilakukan.

“Sudah berapa kali dibersihkan dan dipasang spanduk peringatan, eh malah spanduknya dibuang,” ujarnya.

Handra mengatakan karena letak tumpukan sampah itu persis di pinggir jalan, maka sambil lewat, orang bisa melempar sampah itu melalui kendaraan. Bahkan dirinya pernah menegurnya.

“Kenapa kamu membuang sampah di tempat kami, bukannya sudah ada tempat pembuangan sampah yang disediakan oleh pemerintah, kata saya waktu itu kepada pembuang sampah,” lanjutnya.

Diterangkannya berdasarkan dari sebuah rubrik yang dibacanya, limbah rumah tangga apabila tidak ditangani dengan baik akan berdampak buruk bagi kondisi lingkungan. Selain berbahaya bagi lingkungan juga mengganggu kesehatan manusia.

“Sebab dalam limbah tersebut banyak terdapat kuman dan bakteri yang menyebabkan banyak penyakit. Untuk itu kami meminta kepada pemerintah kota Lubuklinggau agar dapat menangani permasalah yang telah kami hadapi selama bertahun-tahun ini,” pinta Handra.

Berdasarkan pantuan di lokasi pembuangan sampah, saat ini terdapat sebuah spanduk himbauan yang bertuliskan. “YA Allah…. Cabutkan nyawa dan berikan azabmu pada orang yang membuang sampah disini. Bapaknya, ibunya, istrinya anak-anak dan keluarganya,”.

PENULIS : Jaka Saputra
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

PSB di SMPN 13 Lubuklinggau Menurun Drastis

Wawako Sampaikan Nota Keuangan dan RAPBD-P 2019, Fraksi PKB Bahas Cikencreng