Masyarakat Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Lubuklinggau Utara I menghadiri acara sedekah bumi yang diselenggarakan di balai kelurahan, Sabtu (31/08/2019) malam. Foto : Bayu Silmed
in

Sambut 1 Muharam 1441 H, Sumber Agung Adakan Sedekah Bumi

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Seluruh umat islam, Hari ini, Minggu (01/09/2019) menyambut tahun baru Hijriah yang ke 1441. Berbagai macam kegiatan menghiasi setiap pelosok-pelosok desa yang bersuka cita menyambut tahun baru islam ini, tak terkecuali Keluruhan Sumber Agung, Kecamatan Lubuklinggau Utara I. Sabtu (31/08/2019) malam, kelurahan ini menggelar tradisi yang setiap tahunnya diadakan oleh warga setempat dalam menyambut tahun baru islam. Yakni sedekah bumi.

Salah satu tokoh Pemangku Adat Kelurahan Sumber Agung, Ersak Dianto menjelaskan kepada Silampari Media terkait tradisi yang setiap tahunnya pasti warga sekitar adakan.

“Acara ini merupakan bentuk syukur kepada Allah SWT berkenaan dengan pemberian rezeki dari Dia selama satu tahun ini yang diturunkannya di bumi, sehingga kami sampai saat ini masih tetap menikmati kesehatan serta rezeki dari yang maha kuasa,” ujar Ersak.

Acara sedekah bumi di Kelurahan Sumber Agung dimulai dengan disiapkannya berbagai macam hidangan istimewa hasil bumi warga setempat, seperti hasil kebun, hasil ternak, jajanan warung, dan sebagainya. Berbagai macam hidangan tersebut merupakan bentuk simbolis dari pemberian warga kepada warga lainnya. Semuanya diarak dari rumah pemangku adat hingga menuju balai kelurahan yang disambut langsung oleh ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat beserta masyarakat lainnya yang sudah menunggu.

“Warga yang berkumpul dari setiap RT yang ada di kelurahan ini, mereka dari rumah membawa takir (nasi dan lauknya yang disatukan dalam satu wadah kecil) sejumlah anggota keluarganya. Setelah itu disatukan di tengah bersama jajanan istimewa dan pada akhir acara dibagikan kembali kepada masyarakat yang hadir,” sambung Ersak.

Warga yang hadir begitu guyub dan rukun dengan balutan silaturahmi yang kental, tua, muda, anak, orang tua, laki-laki, perempuan semuanya bersatu dalam suka cita.

Acara dimulai dengan sambutan dari pemangku Adat kemudian mewakili pihak pemerintahan, selanjutnya pembacaan surat Yaa-Siin secara berjemaah, dan kemudian dilanjutkan dengan Ikral (tutur dari bahasa jawa halus-red) yang kemudian ditutup dengan do’a.

Sutrisno Joyo selaku ketua LPM Kelurahan Sumber Agung mengaku bangga kepada warga sekitar karena sudah kompak untuk mensukseskan acara tersebut.

“Meskipun Pak Lurah tidak sempat hadir karena ada sesuatu hal yang tidak bisa ditinggalkan, namun masyarakat tetap antusias dan bersama-sama bisa mensukseskan acara tahunan ini, terimakasih kami ucapkan,” tandas dia.

Sementara untuk dana diambil dari swadaya sukarela dari seluruh masyarakat Kelurahan Sumber Agung.

PENULIS : Bayu Pratama Sembiring
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

AKBP Himawan Bagus Riyadi Jabat Kepala BNN Kota Lubuklinggau

Masa Jabatan Habis, Oknum Kades Masih Cairkan Anggaran Desa, Kok Bisa?