in

Salurkan Dana Gubernur, Sumber Agung Adakan Sosialisasi Toga

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Merealisasikan Dana Gubernur Sumatera Selatan tahun 2019 yang diperuntukkan untuk kelurahan dan desa se Sumsel, TP PKK Kelurahan Sumber Agung menggelar “Sosialisasi Pemanfaatan Toga” untuk kader PKK dalam rangka kegiatan peningkatan pembinaan dan pengembangan masyarakat Kelurahan sumber Agung, Senin (2/12/2019), sekira Pukul 10.00 WIB.

Kegiatan dipusatkan di bangunan Sanitasi Langsung Berbasis Masyarakat (SLBM) Ipal Komunal milik Kelurahan Sumber Agung, tepatnya di RT.01. Kegiatan diikuti sekitar 25 peserta dan dihadiri langsung oleh pemateri dari Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau.

Ketua TP PKK Sumber Agung, Reni Hilpa menerangkan jika program tersebut diadakan guna pengembangan anggota PKK agar lebih peka terhadap lingkungan dan dapat dengan maksimal memanfaatkan pekarangan rumah agar bisa bermanfaat bagi keluarga.

“Banyak diantara kita yang masih abai bahkan meremehkan tanaman obat keluarga (Toga) ini, padahal ini merupakan warisan leluhur yang sangat bermanfaat. Dengan toga kita belajar untuk tidak ketergantungan dengan obat kimia dan mulai beralih ke herbal,” ungkap Reni.

Sementara itu Lurah Sumber Agung, Garjito, berharap agar kegiatan tersebut akan dirasakan manfaatnya untuk masyarakat.

“Kegiatan seperti itu jangan cuma dijadikan seremonial, harus bisa mengambil ilmu dan manfaatnya. Harus ada realisasinya baru program tersebut disebut berhasil. Dan untuk toga ini kami berharap banyak kepada ibu-ibu PKK untuk mempopulerkannya di kelurahan kita,” ujar Garjito dalam sambutannya.

Sementara itu, Staf Bidang Pemberdayaan Dinas Pertanian Lubuklinggau, Wahyudi memberikan apresiasinya kepada masyarakat Sumber Agung yang mau mempelajari Toga.

“Ini harus dikembangkan apalagi sudah ada niat dari ibu-ibunya, toga merupakan cara herbal untuk menjaga keluarga kita dari penyakit umum yang sering menyerang keluarga. Dengan Toga kita akan lebih sehat dan terhindar dari bahaya adiktif obat kimia,” terangnya dalam sambutan.

Kegiatan ini merupakan realisasi dari Bantuan Gubernur Sumatera Selatan tahun 2019 sejumlah Rp 25 Juta untuk kelurahan yang dialokasikan kepada TP PKK sebanyak Rp 10 Juta, Posyandu Rp 10 Juta, dan Kegiatan Pemuda Rp 5 Juta.

PENULIS : Bayu Pratama Sembiring
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Disdukcapil Cetak Adminduk Ditempat

Buruan Daftarkan Timmu, Karang Taruna Lubuklinggau Adakan Turnamen Futsal