Jalan yang berada di Kelurahan Bangun Jaya, Kecamatan BTS Ulu seperti kubangan kerbau, akibat sering dilalui kendaraan yang over tonase. Foto : Dedi Pauh Silmed
in

Rusaknya Jalan Kelurahan Akibat Sering Dilalui Truk Over Tonase

MUSI RAWAS, Silmed.id – Warga Kelurahan Bangun Jaya, Kecamatan BTS Ulu, berang karena jalan dalam kelurahan rusak oleh truk pembawa kelapa yang melebihi muatan atau over tonase.

“Kelurahan Bangun Jaya adalah pusat pemerintahan, sebab kantor camat dan fasilitas sekolah ada disini, namun infrastruktur jalan rusak berat seperti kubangan kerbau,” jelas Tasok (38) warga Kelurahan Bangun Jaya kepada Silampari Media, Rabu (24/7/2019).

Kerusakan infrastruktur jalan disebabkan maraknya truk pembawa kelapa sawit yang overtonase.
“Mulai dari depan SMA, hingga depan rumah saya, lubang jalan seperti kubangan kerbau, kemarin ada mobil truk pembawa buah kelapa sawit tersangkut, maka saya bersama warga meminta pengusaha sawit ikut bertanggung jawab dalam perbaikan jalan, sebab jika mengharapkan dari pemerintah, maka membutuhkan waktu, karena anggaran pemerintah melalui proses,” ucapnya.
Ketika menahan pihaknya meminta pertanggung jawaban pihak pengusaha, kebetulan ada Lurah Bangun Jaya dan informasinya kerusakan jalan sudah dilaporkan.
“Saya berharap Dinas Perhubungan, melakukan sosialisasi tentang overtonase, agar kami dapat mencegah truk overtonase,” harap dia.
Dilain pihak, Kepala Dishub Adi Winata mengatakan, tonase kendaraan di jalan kabupaten yakni delapan ton, dengan rincian tiga ton berat kendaraan dan lima ton berat muatan.
“Seluruh masyarakat sudah paham tentang tonase kendaraan, kerusakan jalan tangung jawab kita bersama, termasuk pengusaha sawit yang mengunakan jalan pemerintah,”pungkasnya.
PENULIS : Dedi Ariyanto
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

10 WNA Asal Negeri Jiran Bekerja di Kabupaten Musi Rawas

Sambut HUT RI, Kecamatan Beliti Gelar Berbagai Perlombaan