in

RSUD Rupit Diduga Beli Alat Seken

*Izin Juga Belum Keluar

MURATARA, Silmed.id – Panitia Pengadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rupit diduga membeli peralatan medis berupa alat radiologi tidak sesuai standar. Bahkan informasi yang didapat, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mensinyalir alat yang dibeli itu adalah produk seken bukan alat baru. Hal ini terungkap dari sidak yang dilakukan Anggota Komisi II DPRD Muratara, Senin (13/1/2020).

Terlihat hadir saat sidak diantaranya adalah Hadi Subeno Ketua Komisi II, M. Ali Wakil Ketua Komisi II, Andika Sekretaris Komisi II DPRD Muratara serta dari inspektorat diwakili Irban III dan sejumlah auditor. Hadir juga Herlina, Direktris RSUD Rupit.

Dalam sidak, Anggota Komisi II terlihat fokus pada alat radiologi yang mereka curigai yakni alat radiologi yang tidak baru.

“Ini sepertinya gores, namun dicat ulang. Diduga kuat alat seken,” ujar Hadi Subeno sambil mengetuk-ngetuk alat setinggi 2 meter itu.

Hal ini tentu menyita perhatian semua yang hadir. Sehingga disarankan untuk mengganti alat yang baru dibeli berdasarkan e-catalog tersebut.”Ini di-retur saja,” sambung M. Ali.

Selain itu para anggota DPRD itu juga mempertanyakan soal perizinan, yaitu izin alat dan izin tempat. Hingga saat ini dua izin tersebut belum juga keluar.

“Kami sampai disini karena tetap akan fokus karena ini untuk masyarakat kito. Perlu diaudit ini ibu inspektorat,” katanya kepada perwakilan inspektorat.

Sementara Herlina, Direktris RSUD Rupit menjelaskan, pembelian alat ini melalui supplier berdasarkan e-catalog, sehingga tidak mungkin ada barang seken.

Kemudian mengenai perizinan, pihaknya segera mengurusnya dengan bantuan supplier.

“Karena izin tempat memerlukan pihak BATAN. Dan sudah ditargetkan akan bisa beroperasi pada awal bulan nanti,” jelas Herlina.

PENULIS: Dodi Chandra

Di-PHK Tanpa Pesangon, Lima Eks Karyawan PT Lonsum Datangi Kantor Bupati

Imingi Duit, Petani Asal Binjai Cabuli Pelajar