Bencana kebakaran yang menghanguskan ribuan hektar lahan di Desa Lubuk Pauh Kecamatan BTS Ulu. Foto Dedi SIlmed
in

Ribuan Hektar Lahan di Lubuk Pauh Terbakar

MUSIRAWAS, Silmed.id – Ribuan hektar lahan di Desa Lubuk Pauh Kecamatan BTS Ulu terbakar, hingga kini api tak kunjung padam.

“Ribuan hektar lahan sudah terbakar, hingga kini api belum padam. kami sudah berupaya maksimal untuk memadamkan api, tapi hasilnya masih nihil,” jelas Kades Lubuk Pauh MK Afendi kepada Silampari Media, Senin (23/09/2019).

Menurut Fendi, kebakaran lahan dengan jumlah ribuan hektar tersebut, yakni membakar kebun plasma masyarakat dan kebun milik warga.

“Kami sudah berkoordinasi dengan BPBD, camat dan instansi terkait. untuk meminta bantuan, sekarang bantuan sudah datang yakni Damkar dari PT Medco, namun damkar PT Medco belum mampu memadamkan api,” ujarnya.

Dirinya khawatir, jika sampai masuk desa dan melahap rumah warga, selain itu jika tidak dipadamkan segera, ditakutkan kembang api yang berterbangan dapat menyebabkan titik api yang baru.

Terpisah, Kepala BPBD Musi Rawas, Paisol menyampaikan, pihaknya sudah mendapatkan informasi dari Kades Lubuk Pauh, dan pihaknya sudah meminta bantuan kepada PT Medco.

“Alat damkar PT Medco sudah ke lapangan, karena jarak tempuhnya dekat, sedangkan kami jarak tempuh cukup jauh,” ujarnya.

Dilain pihak, Camat BTS Ulu Maidi Imam menyampaikan, terkait kebakaran lahan di Lubuk Pauh, dirinya sudah berkoordinasi dengan pihak PT PHML.” Pagi ini tim dari PT PHML akan ke TKP, untuk membantu warga memadamkan api,”pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Amankan Pilkades, Polres Gelar Apel Pasukan

Kabut Asap di Muratara Berbahaya Bagi Kesehatan