in

Rehab dan Bangun Jembatan Gantung yang Putus pada Anggaran Perubahan

MUSIRAWAS,Silmed.id – Terkait empat jembatan gantung yang mengalami kerusakan dan putus, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Pemkab Mura) akan mengangarkan pada anggaran perubahan.

“Dalam merehab ataupun membangun baru jembatan gantung, perlu waktu cukup lama, karena sumber anggaran ada tahapannya,” kata Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan, kepada Silampari Media, Jumat (14/02/2020).

Direncanakan sambung Bupati, akan dianggarkan melalui angggaran perubahan, tapi bagi yang rusak ringan akan dilakukan perbaikan secara swadaya.

“Yang jelas kami sudah mengecek ke lapangan, seluruhnya butuh proses karena anggaran negara yang digunakan dan hal itu ada tahapannya,” ujarnya.

Lanjut dia, terkait adanya jembatan gantung yang sudah kali putus karena terkena arus air sungai musi, dirinya sudah meminta PU Bina Marga untuk menghitung dan mematangkan perencanaan, jangan sampai kembali putus.

“PU harus lebih matang lagi dalam perencanaan, letak jembatan gantung harus lebih tinggi lagi. Inikan bencana alam dan diluar perencanaan dan akal sehat manusia,” ungkapnya.

Dilain pihak, Bastari (62) warga Desa Bingin Jungut mengatakan, akibat ambruknya jembatan gantung penghubung dusun lama dengan dusun baru, warga menjadi kerepotan. Sebab saat ini perahu ketek sudah sangat langkah.

“Sejak adanya jembatan gantung, warga sudah membuang perahunya, sekarang jembatan gantung ambruk, warga menjadi kebingungan,” kata dia.

Dikatakan Bastari, kebun karet dan sawit banyak berada di dusun lama, sedangkan warga dusun lama tidak bisa keluar. Karena jembatan gantung adalah akses utama.

“Warga yang hendak ke kebun ataupun ke berangkat kerja di perusahaan, kesulitan sebab ambruknya jembatan gantung,” paparnya.

Data yang dihimpun dilapangan, empat jembatan gantung mengalami rusak berat karena dihantam luapan arus sungai musi.

Adapun jembatan yang mengalami rusak berat dan putus. Yakni jembatan gantung penghubung antar dusun Desa Pulau Pangung, Bingin Jungut, Suka Menang Kecamatan Muara Kelingi, jembatan gantung penghubung antar Desa Semangus Lama dengan Semangus Baru Kecamatan Muara Lakitan.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Enam Tahun Buron, Perampok Diringkus Polisi

Gadai Motor Teman, Dalijo Dibui