Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan melihat kontes bonsai yang diadakan, Jum'at (30/8/2019). Foto : ist
in

Ratusan Peserta Ikuti Pameran dan Lomba Bonsai di Musi Rawas

MUSI RAWAS, Silmed.id – Ratusan pohon bonsai mengikuti pameran dan lomba bonsai (PLB) tahun 2019 yang diselenggarakan PPBI (Perkumpulan Pecinta Bonsai Indonesia) cabang MLM (Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara), Jum’at (30/8/2019).

Bahkan, asal pohon bonsai yang beradu keindahan tersebut juga ada yang berasal dari luar daerah seperti Kabupaten Rejang Lebong.

Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan yang membuka lomba kontes bonsai ini dalam kata sambutannya sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan yang diadakan di tengah musim kemarau.

“Walaupun yang pertama kalinya kegiatan ini bias dikombinasikan dengan kegiatan lainnya, sehingga semaraknya begitu indah. Kita tinggal atur jadwalnya dan moment yang pas,” ungkapnya.

Hendra Gunawan melanjutkan alangkah lebih baik apabila lomba seperti ini dijadwalkan dengan Pemerintah Kabupten Musi Rawas, seperti dalam rangkaian HUT Musi Rawas ataupun even sector pertanian.

“Akan lebih baik untuk pameran dan lomba semacam ini dikoordinasikan terlebih dahulu dengan instansi dan OPD dengan harapan akan lebih meriah. Sebab jika tidak, maka yang dating hanya orang-orang pecinta bonsai,” tegasnya.

Sementara itu Ketua PPBI cabang MLM, dr Yudhi Arimansyah bahwa even yang diadakan pertamakalinya ini untuk kelas lokal, direncanakan kedepan kegiatan serupa akan rutin digelar. Peserta yang mengikuti PLB ini berjumlah 218 ditambah 35 peserta eksebisi yang jam terbangnya sudah tinggi.

“Bermacam-macam bonsai dihadirkan pada kontes ini diantaranya beringin, serut jawa, cemara, asem dan lain-lain,” katanya.

Mengenai penilaian dari dewan juri ada kriteria penilaian mulai dari proses pembentukan, kondisi bonsai, ukuran bonsai. Selain itu juga dengan dua kategori yakni kalau bakalan besar bonsai harus berukuran tinggi maksimal 60 cm, sedangkan untuk bakalan kecil bonsai harus berukuran tinggi dibawah 60 cm.

“Namun biasanya pembentukan bonsai dari awal hingga yang siap kontes, membuthkan waktu dari lima sampai sepuluh tahun. Untuk yang bonsai siap kontes harganya dikisaran Rp25 juta sampai dengan Rp 30juta,” tukasnya.

PENULIS : Alexander
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Kelurahan ini Dulunya Dikenal Sebagai Kampung Polda

Camat Minta Bumdes Cari Cara Untuk Memasarkan Produk