Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Muratara, Syamsyu Anwar. Foto : Hengki Silmed
in

Ratusan Koperasi Tidak Aktif Akan Dibubarkan

MURATARA, Silmed.id – Dalam upaya efisiensi koperasi, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Muratara berencana menghapus Koperasi yang tidak Aktif.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kepala Disperindagkop Samsu Anwar, bahwa berdasarkan data yang dimiliki oleh Disperindagkop terdapat 321 koperasi yang ada di Kabupaten Muratara.

“Berdasarkan data yang saat ini kita miliki, ada 321 koperasi yang berada di Kabupaten Muratara,”katanya kepada Silampari Media, Kamis (11/7/2019).

Namun tambahnya, dari semua koperasi yang terdaftar hanya ada kisaran 25 koperasi yang aktif dalam memberikan pelaporan kepada Pemerintah Kabupaten melalui Disperindagkop.

“Hanya ada 25 Koperasi yang aktif melapor setiap bulannya, sedangkan sisanya tidak pernah melapor,”ucapnya.

Untuk koperasi yang tidak aktif dalam pelaporan, pihaknya akan menghapus dari databes dan akan dibubarkan.

“Kita tidak perlu punya banyak koperasi yang terdaftar namun tidak aktif, biarlah sedikit asal aktif, untuk yang tidak aktif akan dibubarkan,”jelasnya.

Sebelum dilakukan pembubaran, Pemerintah terlebih dahulu akan mendatangi koperasi yang sudah tidak melakukan pelaporan, guna menanyakan apa permasalahannya bila masih ingin aktif maka akan di lakukan pendataan kemabali.

“Sebelum kita bubarkan, akan kita datangi terlebih dahulu, ingin memastikan apakah hanya pelaporan saja yang tidak dilakukan, atau memang di lapangan sudah vakum,”katanya.

Syamsu Anwar menyayangkan atas banyakanya Koperasi yang sudah tidak aktif, dirinya dan dirinya berharap kedepannya generasi muda akan peka dengan peran penting koperasi bagi masyarakat

“Sayang sekali banyak koperasi yang vakum, padahal kita tahu sendiri betapa besar peran koperasi dalam menstabilkan perekonomian di pedesaan, mustinya anak jaman Now memahami hal tersebut,”pungkasnya.

PENULIS : Hengki Pransis
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

 

Usai Pilkada, 40 Desa Gelar Pilkades

Bupati Resmikan Lomba Balita Sehat Indonesia Tingkat Musi Rawas Tahun 2019