Ketua KPU Lubuklinggau, Topandri saat memberikan kata sambutan, Jum'at (19/7/2019). Foto : Bayu Silmed
in

Rapat Pleno Penetapan, KPU Ucapkan Terimakasih Kepada Wartawan

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Resmi sudah penetapan 30 anggota DPRD Kota Lubuklinggau periode 2019-2024, hal ini ditandai dengan ketukan palu pengesahan penetapan nama-nama calon terpilih dari masing-masing partai politik di perhelatan pemilihan legislatif periode 2019-2024 dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik Dan Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Lubuklinggau Pemilihan Umum Tahun 2019, di Ballroom Smart Hotel, Jum’at (19/07/2019).
Kegiatan dihadiri langsung oleh unsur Muspida Kota Lubuklinggau, seperti Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono, Kajari Lubuklinggau Hj Zairida, Danyon Brimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor, Kompol Eko Ssumaryanto, Dandim 0406 MLM Letkol Inf A’an Setiawan, Ketua DPRD Kota Lubuklinggau, Rodi Wijaya, Wakil Walikota Lubuklinggau, Sulaiman Kohar serta seluruh pimpinan partai politik dan calon terpilih dari masing-masing partai.
Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Topandri, dalam sambutan pembukanya merasa bangga atas pencapaian hasil Pemilu di Kota Lubuklinggau yang berlangsung aman dan damai serta tanpa adanya gugatan baik ke Mahkamah Konstitusi (MK) maupun Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).
“Alhamdulillah Kota Lubuklinggau menjadi penggelar Pemilu terbaik se Sumatera Selatan. Pemilu berjalan aman dan damai serta para peserta Pemilu sangat dewasa dalam menanggapi hasil pemilu dengan tidak adanya gugatan baik di MK maupun DKPP,” ujarnya.
Ia juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para wartawan dalam menjaga kondusifitas sehingga Pemilu di Kota Lubuklinggau tidak memanas.

“Saya juga ucapkan terimakasih kepada para wartawan baik online maupun cetak, baik lokal maupun nasional yang ikut menyebarkan euforia Pemilu dengan positif dan baik sehingga pesan damai Pemilu benar-benar tersalurkan kepada masyarakat,” ujarnya disambut tepuk tangan peserta pleno.

Selain itu Wakil Walikota Lubuklinggau, H. Sulaiman Kohar juga menyampaikan pesannya kepada para Caleg terpilih.
“Selamat atas para pemenang, semoga bisa menjaga amanah rakyat dan bisa berkolaborasi dengan baik bersama pemerintah Kota Lubuklinggau sehingga apa yang kita lakukan bisa bermanfaat bagi kemaslahatan masyarakat,” ujar Sulaiman Kohar dalam sambutannya.
Pleno dimulai tepat pukul 15.30 WIB yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU. Pleno dimulai dengan pembacaan Tata Tertib rapat Pleno oleh Divisi Hukum KPU Kota Lubuklinggau, Rico. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan jumlah suara di masing-masing dapil serta pembacaan nama pemenang di masing-masing dapil.
Penetapan Hasil perolehan tidak berubah dari Hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Hasil Perolehan Suara di KPU Pada 02-04 Mei yang lalu dengan Partai Golkar mendapat 5 Kursi, PDI-P 5 Kursi, Gerindra 5 Kursi, Nasdem 3 Kursi, PKS 4 Kursi, PBB 2 Kursi, PKB 2 Kursi, Demokrat 3 Kursi, dan Hanura 1 Kursi.
Dalam Pleno Penetapan berlangsung lancar, hanya diwarnai satu interupsi dari saksi Partai Nasdem yang mempermasalahkan Nama Hj. Ratna Dewi yang ditetapkan sebagai calon terpilih dari dapil I Kecamatan Lubuklinggau Barat I dan II sementara telah diputus Mahkamah Partai Nasdem DPW Sumsel jika yang memperoleh suara terbanyak adalah Nomor Urut 01 Cristinawati. Keberatan Saksi Nasdem tersebut telah dituangkan didalam BA Keberatan yang akan mejadi bahan pertimbangan. Pleno diakhiri dengan pendatanganan berita acara dan berpoto bersama.
PENULIS : Bayu Pratama Sembiring
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Petani di Nibung Nyambi Edarkan Sabu

Baru Lima Masjid Dilakukan Validasi Arah Kiblat