in

Rampok Mobil Rental, Hanya Dapat Baju Kaos

LUBUKLINGGAU,Silmed.id – Dua warga Desa Sungai Jauh Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), yakni Andeni Apri (30) dan Arbain (25) diringkus petugas Unit Reskrim Polsek Lubuklinggau Utara, karena diduga terlibat perkara perampokan.

Kedua tersangka ditangkap di Mapolres Lubuklinggau, Selasa (11/02 2020) sekitar pukul10.00 WIB.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono mengatakan, aksi perampokan terjadi pada Rabu 22 Januari 2020 sekitar pukul 08.00 WIB bertempat di Jl.Lingkar Utara Kelurahan Sumber Agung dekat gardu PLN Kecamatan Lubuklinggau Utara 1.

“Modus operandi pelaku yang berjumlah empat orang, korban yang bekerja sebagai sopir mobil rental, diperintahkan oleh pemilik mobil untuk menjemput dua orang yang tidak dikenal (OTD) di Bandara Sultan Jambi menggunakan mobil unit Daihatsu Xenia, orang tersebut hendak pergi ke daerah Curup, karena salah satu dari OTD akan menikah dengan warga Curup,” jelas Kapolres kepada wartawan, Selasa (11/02/2020).

Setiba di Lubuklinggau, sambung Kapolres, dua OTD mendaftarkan korban nginap di Wisma Pratama di Jl Mangga Besar Kelurahan Megang, kemudian dua OTD minta antar kepada korban nginap di Hotel 929, kemudian pada Rabu 22 Januari 2020, sekitar pukul 07.30 WIB, korban disuruh oleh 2 OTD untuk menjemput mereka di Hotel 929, saat Korban jemput, pelaku sudah bertambah menjadi 3 OTD.

Kemudian pelaku menyuruh korban mengantar mereka ke ATM di SPBU Megang, setelah itu pelaku menyuruh korban mengarahkan mobil ke arah Petanang, dan dalam mobil salah satu pelaku bicara di hape dengan seseorang.

Lanjut Kapolres, sekira pukul 08.00 WIB, sesampai di depan GOR Petanang, pelaku yang baru datang dari Lubuklinggau menyuruh korban untuk berbelok ke kanan kearah Jl Lingkar Utara, sesampai didepan gardu induk PLN pelaku menyuruh korban berbelok ke kanan, masuk ke Jl tembus Kantor Lurah Sumber Agung, namun baru masuk jalan sejauh 20 meter, pelaku menyuruh korban berhenti, katanya menunggu temannya.

Pelaku yang dari Lubuklinggau turun dari mobil sambil menelpon seseorang, sedangkan dua pelaku lainnya mengajak korban membeli rokok ke arah Jalan Siring Agung, kemudian kembali lagi ketempat semula untuk menjemput pelaku yang menelpon tadi.

“Tiba-tiba pelaku yang duduk dibelakang korban, langsung menjerat leher korban mengunakan seutas tali tambang, korban pun berontak dan berhasil melepaskan jeratan tali tambang dilehernya, kemudian korban pun meloncat turun dari mobil dan mekarikan diri, namun pelaku yang menjerat tadi, ikut turun dan berusaha menangkap korban, dan korban berontak lagi dan pelaku hanya mendapatkan baju kaos yang dipakai korban, saat itu korban jatuh di semak-semak,”paparnya.

Selanjutnya, pelaku kembali hendak menjerat leher korban, kembali korban melakukan perlawanan dan akhirnya berhasil melarikan diri, kmdian sekira pukul 09.00 WIB korban melaporkan peristiwa yang dialaminya ke Polsek Lubuklinggau Utara, sedangkan mobil yg dibawa oleh korban dibawa kabur oleh para pelaku.

“Mendapatkan laporan korban, penyidik melakukan penyelidikan, dengan mengecek TKP dan memeriksa saksi-saksi, kemdian menghubungi pemilik mobil agar segera mengecek dan mematikan alat GPS,” ungkapnya.

Setelah mendapat informasi dari pemilik mobil dan pencarian GPS, bahwa mobil korban berada di daeran pinggiran Sungai Baung Kecamatan Rawas Ulu, guna memastikan pihaknya menghubungi informan.

“Mobil memang benar adanya, dalam keadaan posisi mati mesinbdan sedang diotak-atik oleh 4 OTD, mendapat Informasi yang pasti, Kanit Reskrim segera melakukan penangkapan dan penyitaan terhadap para pelaku,” kata dia lagi.

Sampai di TKP, terlihat 4 OTD sedang mengerumuni mobil korban, melihat kedatangan anggota, para pelaku panik, dan mengeluarkan tembakan ke arah anggota, pihaknya pun segera membalas tembakan pelaku.

“Karena ketakutan, para pelaku akhirnya melarikan diri dengan menceburkan diri kedalam sungai baung, menyeberang dan menghilang di hutan dengan meninggalkan mobil hasil pencurian,” bebernya.

Kemudian pada Selasa 11 Februari 2020, anggota Opsnal Reskrim mendapat Informasi bahwa dua orang telah melakukan perampokan di wilkum Lubuk Linggau Utara sedang berada di Mapolres Lubuklinggau lagi ada menyangkut masalah kasus lain.

Selanjutnya, petugas Polsek Lubuklinggau Utara langsung melakukan penangkapan terhadap dua tersangka, yang sudah diamankan terlebih dahulu dalam Mapolres Lubuklinggau.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Lapis Aren Punya Varian Rasa Baru, Yuk Cicipi

Bawa Kabur Revo, Sudiwidarman Ditangkap di Muko-muko