Redaksi Silampari Media bersama Ketua PWI Sumatera Selatan, H Firdaus Komar, usai acara Orientasi Calon Anggota PWI Kota Lubuklinggau, di Cozy Hotel, Rabu (2/10/2019). Foto; Doc_Silmed
in

PWI Jaring Wartawan Profesional Sesuai Kode Etik

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Guna menjaring wartawan yang profesional, menyampaikan berita sesuai kode etik jurnalistik kepada khalayak umum, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Lubuklinggau melakukan Orientasi Calon Anggota. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Ruby, Cozy Hotel, Rabu (2/10/2019) pukul 14.00 WIB.

Ketua PWI Sumsel, Firdaus Komar melalui Kabid Organisasi, Anwar Rasuan menjelaskan bahwa orientasi ini menjadi ajang perekrutan anggota PWI terpilih di Kota Lubuklinggau Masa Bakti 2019-2022.

“Tentu ini menjadi sejarah baru di Kota Lubuklinggau setelah 46 Tahun. Serta akan langsung melakukan orientasi. Kami berharap adanya orientasi ini, seluruh anggota PWI bisa memahami perannya nanti saat menjalankan tugas sebagai wartawan,” jelas dia.

Ia juga mengatakan didalam menjalankan profesi, tidak jarang banyak wartawan yang belum bisa membuat karya yang baik.

“Ada wartawan yang bisa mencari berita tetapi tidak bisa berbicara. Ada yang bisa berbicara tetapi tidak bisa menulis. Tapi melalui orientasi ini kami harapkan semua bisa menulis dengan baik,” lanjut dia.

Untuk diketahui sebagai dasar pelaksanaan jurnalistik, itu diatur dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PWI, kode etik jurnalistik dan kode etik perilaku wartawan PWI hasil kongres PWI ke-14 di Kota Solo, Jawa Tengah pada 28-29 September 2018.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris PWI Dwitri Kartini, Dewan Kehormatan PWI Solihin, Ketua PWI Lubuklinggau Endang Kusmadi. Sedangkan peserta yang hadir sebanyak 30 orang dari harian cetak, online dan televisi di Lubuklinggau.

PENULIS : Jofan Saputra
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Video: Ini Penjelasan Walikota Lubuklinggau Soal 55 Aset

Panitia BPD Verifikasi Berkas Balon Peserta