KHAS - Batik Durian yang diprmosikan dalam fashion show yang diadakan Pemerintah Lubuklinggau. Foto : Jofan Silmed
in

Putri Dayang Torek Kembali “Dihidupkan” Dalam Pagelaran Fashion Show

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Guna mempromosikan kebudayaan khas Lubuklinggau, salah satunya batik durian. Pemerintah Lubuklinggau menggelar fashion show dari hasil kerajinan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranasda).

Dalam pagelaran tersebut setidaknya ada 30 baju yang ditampilkan, ini hasil dari 4 hari pelatihan yang diberikan Deskranasda kepada masyarakat.

Penggarap desainer acara tersebut, Yuli Fitriani menjelaskan bahwa tema yang diusung adalah seorang putri bagaikan Dayang Torek yang terkenal kecantikannya.

“Dari batik ini kami usung sebuah tema seperti putri Dayang Torek. Putri inikan terkenal kecantikan sehingga banyak orang yang tertarik. Kami harapkan dalam acara ini juga memiliki kesan seperti itu,” jelasnya, Rabu (16/10/2019).

Ia melanjutkan, dari batik ini pihakny ingin meningkatkan kebudayaan melalui tekstil dan fashion. Khususnya dalam hal ini adalah batik khas Lubuklinggau.

“Selain batik durian. Kami kemarin juga sudah melihat ada batik juga di Kelurahan Batu Urip yang sebenarnya sudah bisa dipromosikan. Artinya Kota Lubuklinggau ada potensi dalam hal ini. Nah, kami ingin menciptakan khas itu, sehingga kalau orang melihat apa khas batik Lubuklinggau salah satunya batik durian melalui industri, tekstil dan fashion,” lanjutnya.

Sementara itu, Wali Kota Lubuklinggau, H Sn Prana Putra Sohe dalam kata sambutannya mengatakan, bahwa Kota Lubuklinggau sudah memiliki jati diri dalam hal industri.

“Lubuklinggau sudah mempunyai ciri khas dalam berpakaian. Hal ini terkait tema fashion show ini yang diusung, yaitu batik dan songket durian,” bebernya.

Selain sebgai mempromosikan kebudayaan khas Lubuklinggau. Dengan adanya batik tersebut , diharapkan dpat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Ini tidak hanya merupakan jati diri saja dari sisi pakaian, tapi juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” tutupnya.

PENULIS : Jofan Saputra
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Kesbangpol Adakan Forum Pembaharuan Kebangsaan

Serah Terima Bantuan Rehab Rumah Tidak Layak Huni