Areal persawahan di Desa Satan Indah Jaya yang mengalami kekeringan. Foto : Alex Silmed
in

Puluhan Hektar Sawah Terancam Gagal Panen

MUSI RAWAS, Silmed.id – Dampak tidak turunnya hujan sejak beberapa pecan terakhir, dipastikan mengancam hasil panen para petani di Desa Satan Indah Jaya, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas.

Panen bakal terancam mengalami kegagalan. Total yang terimbas gagal panen sekitar 24 hektar sawah.

Tukiran (46) salah seorang petani setempat mengungkapkan, kegagalan panen tanaman padi lantaran saat ini tanaman mengering, akibat tidak adanya hujan.

“Sudah hampir sebulan ini tidak ada pasokan air yang mengalir ke puluhan hektar sawah yang ada, termasuk sawah milik saya,” katanya kepada Silampari Media, Senin (12/8/2019).

Disampaikannya, lahan sawah di desa tersebut mengandalkan air hujan sebagai sumber pengairannya. Pasalnya air dari jaringan irigasi sangatlah minim karena aliran tersebut dibagi dua.

“Debit air ke Desa Satan Indah Jaya ini sangat minim, hal ini karena aliran irigasi untuk pengusaha ikan kolam air deras lebih besar daripada air untuk mengairi sawah, bahkan mereka banyak membuat penampungan air yang melebihi kapasitas,” teranganya.

Dirinya dan juga para petani lainnya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Musi Rawas untuk mengatasi permasalah ini.

“Kami menagih janji yang disampaikan Bupati akan melindungi dan mengayomi para petani yang berada di Kabupaten Musi Rawas. Saya meminta Bupati untuk segera turun ke lapangan untuk mengatasi masalah ini. Kami butuh air, kami butuh makan,” tukasnya.

PENULIS : Alexander
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

17 Agustus, Bisa Bikin SIM Gratis di Polres Musi Rawas? Ini Syaratnya

Dana PKH Tak Kunjung Cair, Ibu-ibu Leban Jaya Datangi Dinsos Mura