Puluhan anggota Kodim 0406/MLM dan BNN Kota Lubuklinggau memperlihatkan telapak tangannya sebagai tanda Stop Narkoba, Dilanjutkan dengan pemberian piagam, Kamis (12/9/2019). Foto : Ist
in

Puluhan Anggota Kodim 0406/MLM Jalani Tes Urine

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Sebanyak 65 anggota TNI di jajaran Kodim 0406/MLM menjalani tes urine di Makodim, Jalan Garuda Kelurahan Tanjung Indah, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Kamis (12/9/2019).

Dari mulai prajurit, bintara, hingga perwira, satu persatu melakukan tes urine yang bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Lubuklinggau. Dimana sebelum melakukan tes urine, BNN Kota Lubuklinggau melakukan sosialiasi mengenai bahaya narkoba.

Kasdim 0406/MLM, Mayor Inf Hutauruk menegaskan, tes urine dilakukan bagian dari upaya memerangi penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

“Ya seluruh anggota yang hadir saat sosialiasi mengikuti tes urine. Jumlahnya tadi 65 orang,” ujar Kasdim singkat.

Mantan Danramil 406-08/Kota Lubuklinggau menegaskan dari hasil tes urine ini, apabila ada terbukti anggota yang menggunakan narkoba, pasti sudah berlaku proses hukum.

“Sesuai peraturan di lingkungan TNI, bagi yang terjerat narkoba akan diberhentikan dari dinas militer,” tegasnya.

Sedangkan Kepala BNN Kota Lubuklinggau, AKBP Himawan Bagus Riyadi membenarkan bahwa telah diadakan tes urine terhadap puluhan anggota TNI 0406/MLM seusai acara penyuluhan program P4GN.

“Setelah kegiatan penyuluhan dilanjutkan dengan tes urine. Hasilnya tidak ada yang positif terindikasi menggunakan narkotika,” ucap AKBP Himawan Bagus saat dibincangi Silampari Media.

Dalam paparannya AKBP Himawan Bagus menyampaikan tentang peran serta TNI dalam Intruksi Presiden nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2018-2019.

“Selain peran serta TNI, saya juga menyampaikan akibat dari penyalahgunaan narkoba dan dilanjutkan dengan tanya jawab,” ujarnya.

Kepala BNN juga berharap anggota Kodim 0406/MLM dapat berperan aktif menyampaikan bahaya dari penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekitar, sehingga dapat mendorong masyarakat agar berani melapor atau melaporkan diri ke BNN Kota Lubuklinggau.

“Giat ini merupakan bentuk keseriusan TNI khususnya Kodim 0406 MLM dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dari penyalahgunaan Narkoba,” tutupnya.

PENULIS : Aulia Azan Siddiq

Musim Kemarau, Penggali Sumur Kebanjiran Pesanan

Larangan Merekrut Guru Honor, Ini Tanggapan Disdikbud Lubuklinggau