in

Portal Jalan Tak Berfungsi

MUSIRAWAS, Silmed.id – Untuk menghindari kerusakan jalan, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Pemkab Mura) membangun portal jalan, namun sangat disayangkan saat ini kondisi portal tersebut tidak dapat difungsikan.

Hal ini berdasarkan pantauan wartawan Silmed (Silampari Media,red) di beberapa wilayah, agar aspal jalan dapat bertahan lama, Pemkab Mura membangun portal di beberapa titik. Seperti di Kecamatan Megang Sakti, Muara Kelingi, Tuah Negeri dan Bulang Tengah Suku (BTS) Ulu.
Namun terdapat beberapa portal yang tidak dapat difungsikan, dikarenakan portal di rusak dan diganjal mengunakan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Musi Rawas, Adi Winata mengatakan, pembangunan portal untuk membatasi dimensi dan membatasi tonase kendaraan.

 


“Ketinggian portal 2,47 Cm. Berdasarkan peraturan yang dikeluarkan Menteri Perhubungan, muatan kendaraan maksimal lima ton,” jelas Adi Winata, Kamis (27/6/2019).

Menurut dia, pembangunan portal jalan satu paket dengan pengaspalan jalan. Dimana anggarannya bersumber dari Pemkab Mura.

“Saat pemasangan portal disaksikan oleh unsur Tripika, Kades dan BPD. Sedangkan kunci portal dipegang pihak Polsek dan kades, tujuannya saat penting maka portal dapat dibuka,”jelas dia.

Terkait adanya portal rusak, Adi Winata menambahkan, dirinya berharap warga dapat melaporkan ke Pemerintah setempat.

“Pengerusakan portal dapat dipidanakan, jadi saya harapkan peran aktif masyarakat,”pungkasnya.

Penulis : Dedi Arianto
Editor : Aulia Azan Siddiq

Artikel Politik 3

Alwi Roham Jabat Sekda Muratara