Ilustrasi
in

Polres Mura Gelar OPS Zebra Selama 14 Hari

MUSIRAWAS, Silmed.id – Untuk memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan lalulintas (Lakalantas), Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Musi Rawas (Mura), mengelar operasi (OPS) Zebra selama 14 hari.

“Kami akan menggelar operasi Zebra Musi 2019 diwilayah hukum Polres Mura, operasi dilaksanakan lebih kurang 14 hari atau dua minggu, akan dimulai Rabu (23/10/2019) sampai dengan Selasa (5/11/2019) nanti,” jelas Kapolres Mura, AKBP Suhendro melalui Kasat Lantas, AKP Dany Prasetya dalam rilisnya, Senin (21/10/2019).

AKP Dany Prasetya mengatakan, operasi Zebra dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, hal itu dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi menjelang operasi Lilin mendatang. Operasi ini juga bertujuan meningkatkan ketertiban dan kepatuhan masyarakat dalam berlalulintas, mengurangi angka kecelakaan di jalan raya dan menekan angka pelanggaran lalu lintas.

“Operasi ini merupakan aksi simpatik yang dilalukan oleh jajaran Satlantas untuk memperlancar arus lalu lintas, jika pelanggaran berkurang, maka keselamatan berkendara akan meningkat,” jelas AKP Dany.

AKP Dany pun menjelaskan, ada beberapa jenis pelanggaran yang kerap terjadi, yakni melawan arus, berkendara dibawah pengaruh alkohol, menggunakan ponsel saat mengemudi, mengemudikan kendaraan tidak menggunakan sabuk keselamatan, melebihi batas kecepatan yang sebenarnya.

Pelanggaran lainnya sambung dia, seperti pengendara yang tidak menggunakan helm SNI, berkendara di bawah umur dan tidak memiliki SIM, sepeda motor berboncengan tiga orang, kendaraan bermotor roda dua atau lebih yang tidak memenuhi persyaratan laik jalan.

“Tentu saja jelas operasi ini digelar tidak lain demi keselamatan para pengendara itu sendiri, baik pengedara roda empat maupun roda dua,” tutup Kasat Lantas Polres Mura AKP Dany.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Unsur Pimpinan Belum Dilantik, Anggota Dewan Tidak Bisa Jalani Kunker

PDAM Padam, Warga Angkut Air Irigasi