in

Polisi Gagalkan Pengiriman Ganja Melalui Jasa Pengiriman Barang

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Sat narkoba Polres Lubuklinggau berhasil menggagalkan pengiriman narkotika jenis ganja dengan berat sekitar 100 gram.

Ganja tersebut rencananya akan dikirim menggunakan jasa pengiriman barang J&T yang berada di jalan Yos Sudarso Kelurahan Taba Jemekeh, kecamatan Lubuklinggau Timur I, pada Senin (06/01/2019) sekitar pukul 16.00 WIB.

Tiga jam kemudian, tepatnya pukul 19.00 WIB, juga berhasil diamankan dua pelajar berinisial RQ (17) dan AT (17) sebagai pengirim barang.

Diceritakan Kapolres Lubuklinggau, AKBP Dwi Hartono melalui Kasat Narkoba, IPTU Sofian Hadi bahwa modus transaksi narkoba melalui jasa pengiriman merupakan hal yang jarang di Kota Lubuklinggau.

“Awalnya anggota mendapatkan telpon petugas loket pengiriman barang tentang pengiriman paket ke Jakarta yang mencurigakan,” kata Kasat, Rabu (07/01/2019).

Setelah mendapat informasi tersebut Kasat Narkoba beserta anggota langsung menuju TKP (Tempat kejadian perkara). Sesampainya di lokasi, atas seizin dari petugas J&T  kotak paket kemudian dibuka ternyata didalamnya berisi ganja kering yang telah dibalut lakban warna coklat.

“Kemudian setelah dibuka rekaman CCTV yang berada di loket, diketahui bahwa yang telah mengirimkan paket ganja tersebut adalah tersangka RQ dan AT,” terang Kasat.

Selanjutnya dilakukan penyelidikan untuk mengetahui keberadaan kedua tersangka tersebut dan sekira pukul 19.30 WIB kedua  berhasil ditangkap dan dibawa ke Polres Lubuklinggau untuk dimintai keterangannya.

“Selain ganja kering, 1 unit motor Honda Beat, Helm warna cokelat dan 1 buah kotak paket pengiriman,” beber Kasat.

“Apa yang telah diperbuat dua pelajar ini telah melanggar pasal 111 ayat (1) junto pasal 132 UU Republik Indonesia nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara,” sambungnya.

Kapolres juga mengungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan, diketahui kedua tersangka hendak mengirimkan 2 paket ganja tersebut ke Kecamatan Mampang, Jakarta Selatan.

“Berdasarkan keterangan tersangka, aksi ini sudah dua kali mereka lakukan, adapun ganja didapatkan dari Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu,” jelas Kasat.

Kapolres mengapresiasi, terhadap warga yang dengan segera melaporkan kecurigaan tindak pidana penyalahgunaan narkotika yang diketahuinya, sehingga petugas dengan cepat melakukan pengungkapan kasus tersebut.

“Saya terima kasih, dan kita harus terus berkomitmen memerangi nakoba di Kota Lubuklinggau ini. Kami tidak bisa bekerja sendiri, tanpa dukungan semua pihak,” tegas Kapolres.

PENULIS : Aulia Azan Siddiq

Nikmati Kopi Ala Barista di We Hotel Restaurant

Ketangkap Tangan Mencuri Buah Sawit, Suwandi Lubuk Pandan Diamankan Polisi