Ratusan mancing mania Kabupaten Musi Rawas yang ikut serta dalam perlombaan memancing yang diadakan Pemerintah Kecamatan dan Polsek Muara Lakitan, Minggu (25/8/2019). Dedi Silmed
in

Peserta Lomba Mancing di Muara Lakitan Membludak

MUSI RAWAS, Silmed.id – Lomba memancing di Sungai Musi, Kecamatan Muara Lakitan diikuti ratusan mancing mania Musi Rawas, yang diadakan Pemerintah Kecamatan Muara Lakitan bekerja sama dengan Polsek Muara Lakitan, dalam rangka pemberantasan penyentruman.

“Alhamdulilah pesertanya membludak, target kami 50 orang ternyata 115 orang,” kata Camat Muara Lakitan, Freewan Novio kepada Silampari Media, Minggu (25/8/2019).

Menurut dia, peserta sudah berdatangan dari semalam, mareka berkelompok. Selain itu banyak para pemancing lain yang hendak mendaftar, namun kuota sudah penuh.

“Jika acara yang diadakan untuk yang pertama kalinya ini sukses, maka kami akan mengelar lomba memancing lagi,” ucap Camat.

Lanjut dia, dalam satu tim maksimal lima orang, dengan memilih dua joran dan satu pancing satu mata pancing, sedangkan untuk umpan bebas.

“Bagi pemenang akan mendapatkan hadiah, berupa peralatan elektronik, spot pemancingan berada di Kelurahan Muara Lakitan, Prabumulih dan Semeteh,”ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Muara Lakitan IPTU M Romi mengatakan, lomba mancing ini untuk membudayakan menangkap ikan tidak mengunakan setrum.

“Sejak lama kami melarang Penyetruman, kalau sampai ketahuan menangkap ikan mengunakan setrum maka akan kami pidanakan,”ujarnya.

Disampaikannya, penangkapan ikan dengan sejumlah peralatan yang terlarang seperti racun ataupun alat strum sangat merusak alam.

“Penangkapan menggunakan alat tersebut memang membuat mencari ikan menjadi lebih mudah dan hasil juga lebih banyak. Akan tetapi tanpa disadari, ekosistem sungai serta populasi ikan di sungai menjadi rusak akibat tindakan tak bertanggung jawab tersebut,” pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Ustad Syafiq : Ada Delapan Tanda Orang Baik

Kesulitan Air Bersih, Warga Terpaksa Membeli