LIWETAN: Anggota Ikatan Pemuda Pemudi Sumber Agung (IPSA) mengadakan acara liwetan seusai menggelar berbagai perlombaan dalam rangka memperingati HUT Ke-74 RI di Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Lubuklinggau Utara I, Sabtu (17/8/2019).
in

Pertajam Kebersamaan, IPSA ‘Liwetan’ Usai Selenggarakan Lomba

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Dalam memeriahkan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI, Pemuda-pemudi Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Lubuklinggau Utara I yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Pemudi Sumber Agung (IPSA) menyelenggarakan berbagai perlombaan pada Sabtu (17/8/2019) untuk mengenang perjuangan pahlawan Republik Indonesia yang gugur di medan perang.

Jefri Pranata selaku Ketua Panitia Pelaksana mengungkapkan jika perlombaan yang mereka lakukan cukup sederhana namun memiliki arti mendalam bagi peserta.

“Seperti lomba mengambil koin di buah pepaya dilumuri coklat. Anak-anak setelah mengikuti lomba kami berikan pengertian makna dari lomba tersebut. Bahwa seperti itulah perjuangan pahlawan kita dulu, tidak mudah. Bahkan harus rela mengotori (mengorbankan) tubuh sendiri untuk mendapatkan tujuan yang ingin dicapai,” ungkap Jefri.

Selain itu, pihaknya juga menyelenggarakan lomba joget balon, balap sendok kelereng, memasukkan paku dalam botol dan perlombaan sederhana lainnya namun berkesan. Selepas acara dirinya bersama panitia lainnya menyelenggarakan makan bersama dengan sistem liwetan.

“Kami buat seperti itu untuk lebih mengakrabkan diri dan bersatu dalam kesederhanaan. Semoga kebersamaan kami bisa terjalin terus hingga tujuan Sumber Agung ‘BERCAHAYA ‘ (Berdikari, Cakap, Sehat, dan Berbudaya) dapat terwujud,” sambungnya.

Sementara Ketua IPSA, Andre Agus Ramadhani menegaskan jika penyelenggaraan lomba tersebut untuk menjalin silaturahmi bersama masyarakat serta memupuk kekompakan anggota IPSA.

“Tujuan untuk silaturahmi dan pendekatan kepada masyarakat. Bahwa hari ini kita harus benar-benar membawa kemerdekaan ke tengah-tengah masyarakat, dan IPSA setidaknya akan ada untuk bersama-sama masyarakat mencapai tujuan tersebut. Hal ini juga kami maksudkan untuk menguji kekompakkan rekan-rekan, jika dalam event ini bisa bekerjasama maka kami optimis menatap program-program lainnya yang bertujuan membawa arti merdeka itu sendiri ke tengah-tengah masyarakat, khususnya pemuda,” tegas Andre.

Andre melanjutkan, “Kegiatan kami akhiri dengan liwetan, makan bersama untuk lebih mengakrabkan diri. Dengan hal itu kami harapkan bahwa di sini kami bukan lagi teman namun sudah seperti saudara,” tutup Andre.

PENULIS: Bayu Pratama Sembiring
EDITOR: Dodi Chandra

Kades Air Lesing: Menjaga Desa Sama Saja Dengan Menjaga Indonesia

Karena Mega dan Hari Merdeka, Hambali: Siap-siap ‘Hattrick’