in

Permintaan Tinggi, Harga Ikan Segar Berangsur Naik

LUBUKLINGGAU,Silmed.id – Cuaca yang tidak pasti saat ini, tidak mengurangi pasokan ikan di pasaran. Permintaan masyarakat terhadap ikan juga tergolong tinggi. Diprediksi permintaan ikan untuk saat ini sekitar 30% terutama untuk ikan laut.

Bambang, penjual ikan di Pasar Inpres Lubuklinggau kepada Silampari Media, Rabu (23/10) mengatakan, jika permintaan ikan segar terutama ikan laut saat ini naik sekitar 30%.

“Ikan yang banyak dicari umumnya jenis ikan tongkol, kakap, sarden, dan cumi-cumi,”ujarnya.

Hal serupa juga di ungkapkan oleh Samsudin, pedagang ikan laut lainnya di Pasar Bukit Sulap Lubuklinggau.

“Harga ikan laut saat ini sedikit naik karena permintaan yang meningkat, namun kenaikannya tidak terlalu signifikan dan masih bisa dijangkau untuk para ibu rumah tangga,” ujarnya kepada Silampari Media.

Permintaan ikan yang banyak ini, umumnya banyak dicari oleh pelaku usaha yang menggunakan ikan laut sebagai bahan bakunya. Seperti pelaku usaha bisnis warung model, pempek, tekwan, hingga pelaku usaha penjual otak-otak yang sudah menjamur di Kota Lubuklinggau, permintaan yang cukup tinggi ini membuat sejumlah stok ikan menipis dan membuat harganyapun berangsur naik.

Selain pelaku warung model dan pempek yang mengakibatkan harga ikan laut naik, tingginya permintaan ikan laut juga diakibatkan oleh banyaknya pelaku usaha bisnis rumah makan di Kota Lubuklinggau saat ini di tambah cuaca yang buruk dan tidak menentu membuat harga ikan naik dipasaran saat ini karena stok yang sudah mulai menipis.

Untuk harga para pedagang membandrol ikan tongkol dan ikan sarden Rp24ribu perkilogram dan Rp60ribu untuk cumi cumi. Dalam satu hari para pedagang biasanya bisa menghabiskan sekitar 100 sampai 200 kilogram ikan laut jenis tongkol dan sarden dan 5 sampai 10 kilo untuk cumi cumi.

Selain ikan tongkol dan sarden, permintaan ikan laut lainnya seperti ikan kakap juga sedikit naik, kenaikan ini tidak terlalu tinggi karena biasanya ikan seperti ikan kakap di jual ke rumah makan dan lestoran besar.

PENULIS : Putri Rianita

EDITOR   : Dedi Ariyanto

Blangko Kosong, 1.544 Warga Belum Punya KTP

Fashion Terbaik, Lian Butik Sekata Solusinya