Gedung yang diduga akan dijadikan sarang burung walet di Jl. Yos Sudarso, Kelurahan Jawa Kanan SS, Lubuklinggau Timur II. Foto : Bayu Silmed
in

Permasalahkan SBW di Dekat Permukiman, PPMI Lubuklinggau Surati Pemkot

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Persaudaraan Pengusaha Muslim Indonesia (PPMI) cabang Lubuklinggau, mempermasalahkan bangunan yang diduga akan dijadikan sarang burung walet yang terletak di pusat Kota Lubuklinggau, tepatnya di Jl. Yos Sudarso Kelurahan Jawa Kanan SS, Kecamatan Lubuklinggau Timur II (sebelah hotel Royal/di belakang CFC).

PPMI Lubuklinggau melalui surat yang disampaikan kepada Pemerintah kota (Pemkot) Lubuklinggau, dalam hal ini adalah Dinas Tanaman Modal dan Pelayanaan Perizinan Satu Pintu (DTMPPSP) pada Tanggal 12 November 2019 mempertanyakan izin bangunan berupa Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) serta Surat Izin Tempat Usaha (SITU). Menurut Ketua PPMI Lubuklinggau, Bahet Edi Kuswoyo, penempatan sarang walet di pusat kota adalah hal yang salah, karena dapat mengganggu kenyamanan, keindahan, serta tidak mempertimbangkan Perda Kota Lubuklinggay Nomor 1 Tahun 2012, Pasal 35 Ayat 2 dan Pasal 43 Ayat 5.

“Harapan kami jangan sampai Kota Lubuklinggau tercamar oleh limbah kotoran sarang burung walet, apalagi kan di lokasi itu (Kelurahan Jawa Kanan SS) adalah wilayah dengan kepadatan penduduk yang tinggi sesuai dengan Perda Nomor 1 Tahun 2012 pasal 35 Ayat 2. Itu kan nanti bisa mengganggu,” terang Bahet menjawab pertanyaan Silmed.id.

Ia meminta kepada pihak pemerintah untuk tidak memberikan izin sarang burung walet yang akan dibangun tersebut.

“Kalau izinnya sudah keluar kami memohon untuk diberitahukan pertimbangannya apa sampai mengeluarkan izin, kemudian kalau belum kami meminta untuk izin usahanya jangan dikeluarkan,” sambung Bahet.

Dirinyapun menerangkan jika sarang burung walet yang ada di Kota Lubuklinggau sudah banyak sekali.

“Intinya kami berharap Pemerintah Kota Lubuklinggau tidak mengeluarkan izin pembuatan sarang burung walet di tengah2 kota,” pungkasnya.

Saat ini pihak PPMI Lubuklinggau masih menunggu surat balasan atau konfirmasi dari dinas terkait untuk memutuskan langkah-langkah selanjutnya yang harus akan diambil.

PENULIS : Bayu Putra Sembiring
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

2020 UMK Musi Rawas Rp3.195.273

Ditemukan Fakta Baru Tentang Digagalkannya Lelang oleh ULP Muratara