GEDUNG Pengadilan Agama Kelas 1B Lubuklinggau. Foto: Alex_Silmed
in

Perkara Perceraian Didominasi Hadirnya Pihak Ketiga

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Banyaknya kasus perceraian, baik Cerai Talak maupun Cerai Gugat cenderung didominasi adanya kehadiran pihak ketiga. Demikian dikemukakan Kepala Pengadilan Agama (PA) Lubuklinggau Kelas I B, H Muchlis kepada Silampari Media, Senin (19/8/2019).

“Permasalahan ekonomi itu hanya alasan para pemohon untuk mengugat cerai ataupun cerai talak. Titik permasalahan perkara cerai itu tersebut lebih dominan hadirnya pihak ketiga,” ujar H Muchlis.

Sejak Januari hingga hari ini, Senin, (19/8/2019), tercatat 907 perkara yang difasilitasi Pengadilan Agama Lubuklinggau. Rinciannya 625 perkara Cerai Gugat, 193 Cerai Talak dan 89 dispensasi .

Sementara Tahun 2018, Januari hingga Desember total perkara cerai sebanyak 1.417 perkara. Dengan rincian 985 Cerai Gugat, 324 Cerai Talak ditambah dispensasisebanyak 108 perkara.

Sehingga total sejak 2018 hingga hari ini ada 2.324 perkara cerai yang difasilitasi Pengadilan Agama Lubuklinggau.

Hadeh, sebanyak itukah?

“Ya, karena PA yang ada hanya ada satu  di wilayah ini. Perkara yang masuk disini tidak hanya dari Kota Lubuklinggau, namun juga dari Kabupaten Musi Rawas  dan Musi Rawas Utara,” jelas Muchlis.

Ia menambahkan, tak hanya perkara cerai yang difasilitasi PA Lubuklinggau ada juga dispensasi nikah, isbat nikah, perkara hak asuh anak, Hak Waris dan sebagainya.

PENULIS: S. Alexander
EDITOR: Dodi Chandra 

Tak Kunjung Hujan, BLUDSPAM Turunkan Pompa Lebih Dalam

Umbar Iman: Banyak Hal Positif yang Dapat Dipetik