Ilustrasi
in

Penderita Ispa Meningkat

MUSIRAWAS, Silmed.id –  Sebanyak 1.016 warga Kabupaten Musi Rawas menderita gangguan Infeksi Saluran Napas Akut (ISPA), jumlah tersebut meningkat bila dibandingkan pada bulan lalu. Demikian disampaikan Kasi Surveilan Dinkes Musi Rawas, Ari kepada wartawan, Rabu (11/9) diruang kerjanya.

Menurut dia, jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan Juni 2019 yakni hanya ada 624 pasien.”Ada peningkatan dari Juni ke Juli. Sedangkan untuk Agustus belum direkap,”jelasnya.

Lanjut dia, salah satu faktor meningkatkan penyakit ispa lantaran cuaca panas, serta lantaran tidak turun hujan mengakibatkan peningkatan polusi udara akibat debu.
“Rata-rata kebanyakan penderita ispa usia balita, namun ada juga sebagian ada dari usia remaja hingga dewasa,”terangnya.

Menurutnya, jika dilihat dari data 1.016 pasien tersebut terdiri dari pasien laki-laki 505 orang dan 511 pasien perempuan yang tersebar dari Puskesmas Muara Beliti 0 pasien, C Nawangsasi 59, L Sidoharjo 0, O Mangun Harjo 8, Terawas 0, Sumber Harta 40, Megang Sakti 81, Kelingi IV C 168, Jayaloka 25, Ciptodadi 0, Muara Kelingi 165, Air Beliti 83, Muara Lakitan 57 pasien, BTS Ulu 208, Selangit 43, Karya Sakti 0, Sungai Bunut 0, Muara Kati 41 dan Pian Raya 38.

“Kalau dilihat dari data pasien di Puskesmas, bahwa pasien yang paling banyak yakni di Puskesmas BTS Ulu berjumlah 208 pasien,”bebernya.

Mengenai upaya pencegahan bertambahnya penderita ispa sendiri. Maka dirinya mengakui, Dinkes melakukan sosialisasikan melalui pegawai di Puskesmas untuk menggalakkan prilaku hidup sehat. Termasuk, menghimbau sekaligus mengarahkan agar warga apabila ada gejala-gejala gangguan ispa untuk segera datang ke polindes, puskesmas guna menanggulangi gangguan ispa.

“Kami telah melakukan sosialisasi kewaspadaan gangguan ispa ke Puskesmas dan kepada warga untuk menerapkan prilaku hidup sehat. Namun, kalau untuk pembagian masker kepada warga belum dilakukan. Namun apabila ada gangguan ataupun resiko tinggi terjadinya kebakaran baru dilakukan pembagian masker,”ungkapnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

DPMDP2A Gelar Cerdas Cermat

Lima Titik Api Hangatkan Lubuklinggau Hari Ini