in

Pendamping PKH Tak Boleh Mencairkan Dana KPM

MUSIRAWAS, Silmed.id – Pendamping Keluarga Harapan (PKH), dilarang mencairkan dana PKH milik Kelompok Penerima Manfaat (KPM). Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Musi Rawas Agus Susanto, melalui Kabid Organisasi Bantuan Sosial (Orbansos) Evan Saipani kepada Silampari Media, Selasa (29/10/2019).

” Tidak diperkenankan pendamping mencairkan langsung dana PKH, yang berhak mencairkan yakni orang yang bersangkutan. Pendamping sesuai tufoksinya yakni mendampingi,” jelas Evan.

Lanjut dia, sesuai prosedurnya KPM membawa kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP). Lalu datang ke bank didampingi pendamping, bukan pendamping membawa ATM KPM lalu mencairkan.

” Yang terjadi dibeberapa tempat, informasinya memang ada pendamping PKH mencairkan dana milik KPM, hal itu dilakukan karena ada tenggat waktu uang berada dalam rekening atau jarak tempuh yang jauh. Sekarang saya himbau pendamping jangan cairkan dana milik KPM. Masyarakat harus diberikan edukasi dengan memberikan informasi kepada KPM,” ucapnya.

Terkait adanya beberapa rekening milik KPM kosong, padahal sudah waktunya pencairan, Evan menyampaikan, memang ada kesalahan transper oleh pihak Bank Mandiri, sekarang sudah dibenahi namun ada dampaknya yakni ada rekening milik KPM diblokir secara sepihak oleh Bank Mandiri.

“Jika ada rekening ke blokir maka KPM silahkan datang ke bank bersama pendamping PKH, nanti akan dibenari oleh pihak bank,” ujarnya.

Dilain pihak, Alkat (35) warga Desa Kembang Tanjung Kecamatan BTS Ulu mengatakan, masyarakat kekurangan informasi sehingga sering salah paham dengan pendamping.

“Kita KPM menerima jika dipotong dananya, namun harus jelas. Artinya dana berapa yang didapatkan dan dipotong berapa sertakan bukti penarikan,” kata dia.

PENULIS : Dedi Ariyanto

55 Aset Pemkab Mura Resmi Diserahkan ke Pemkot Lubuklinggau

Kelurahan Sumber Agung Adakan Sosialisasi Narkoba